Sebanyak 75 Persen Sekolah di Sulsel Sudah Menerapkan PTM
Siswa-siswi SMP Negeri 6 Makassar saat melaksanakan ujian semester pada akhir 2021 lalu di Makassar. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan mencatat sejumlah 75 persen sekolah di daerah tersebut sudah menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen, khususnya bagi wilayah dengan cakupan vaksinasi yang mencapai 70 persen.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Imran Jausi di Makassar, Selasa 11 Januari menjelaskan bahwa 3/4 sekolah di Sulsel telah melaksanakan PTM, khususnya pada sekolah dasar dan utamanya di daerah pinggiran Kota Makassar.

"Sudah PTM 75 persen, sudah jarang yang online lagi. Pembelajaran online itu hanya masih di daerah level-level 3 terhadap kasus COVID-19 dan capaian vaksinasinya belum mencapai 70 persen," ujar Imran.

Imran mengungkapkan bahwa level PPKM tidak lagi ditentukan oleh penyebaran virus corona, indikatornya adalah capaian vaksinasi COVID-19.

"Intinya kalau masih level 3 supaya lebih berhati-hati karena level ini masih rendah vaksinnya, seperti Kabupaten Jeneponto itu masih di bawah 70 persen vaksinasinya," kata Imran.

Pembukaan sekolah dilakukan fleksibel

Dalam pelaksanaan PTM secara 100 persen, menurut Imran, pembukaan sekolah dilakukan secara fleksibel, dengan catatan memperkuat koordinasi antar pihak yang turut terlibat dalam sektor pendidikan, mulai dari pihak sekolah, UPT, pengawas sekolah, Dinas Pendidikan serta Dinas Kesehatan.

Pembukaan PTM pada wilayah Sulsel masih tetap bervariasi, seperti 50 persen diselenggarakan secara online dan 50 persen pembelajaran digelar secara tatap muka.

"Ada juga gantian masuk, juga ada yang masih shift-shiftan. Ini karena antara kabupaten/kota kan berbeda-beda. Makanya kami buka ruang fleksibilitas. intinya harus sering berkordinasi, ada apa-apa lapor supaya kita bisa ada langkah-langkah antisipasi. Misalnya sekolah yang di pinggiran-pinggiran kota, mereka kadang berani PTM 100 persen," ujarnya.

Ikuti info dan berita lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!