Manfaat Bunga Lawang: Efektif untuk Seimbangkan Hormon dan Jaga Imun Tubuh
Ilustrasi manfaat bunga lawang untuk kesehatan tubuh (Unsplash/Atharva Whaval)

Bagikan:

MAKASSAR - Rempah-rempah di Nusantara diketahui memiliki penuh dengan manfaat, salah satu jenis rempah yang sering digunakan sebagai bumbu masakan adalah bunga lawang. Bunga lawang dikenal dengan pekak atau star anise dan nama ilmiahnya Illicium verum.

Rempah ini berasal dari Asia Tenggara dan sebagian Cina. Melansir Organic Facts, Jumat, 10 Desember, rempah berbentuk bintang ini dimanfaatkan dalam keperluan sehari-hari, seperti bumbu masakan, karena senyawa kimia aktifnya. Bunga lawang juga diproses menjadi minyak esensial yang mengandung asam shikimat dan dipakai untuk obat influenza di seluruh dunia.

Ekstraksi dari bahan mentah hingga menjadi minyak esensial memerlukan waktu hingga 1 tahun. Sehingga harganya tergolong mahal terlebih tingginya permintaan untuk obat.

Bunga lawang mengandung antioksidan tinggi seperti linalool, quercetin, thymol, terpineol, asam caffeic, anethole, kaemferol, dan asam coumaric. Selain itu, bunga lawang juga mengandung zat besi tinggi ditambah lagi vitamin C, kalsium, potasium, dan magnesium.

Sejumlah manfaat bunga lawang

Manfaat bunga lawang untuk kesehatan, antara lain berpotensi menurunkan risiko kanker, mencegah infeksi jamur, mendukung kesehatan pernapasan, menjaga kelembapan kulit, merangsang sistem kekebalan tubuh, mengoptimalkan pencernaan, meningkatkan sirkulasi, dan mengatasi insomnia.

Dipublikasikan dalam Journal of The Science of Food and Agriculture, bunga lawang juga mempunyai efek antibakteri. Sistem kekebalan tubuh yang didukung kondisi seimbang pada perut, bisa dibantu dengan mengonsumsi bunga lawang. Dalam pengobatan tradisional maupun industri pengobatan modern, bunga lawang dianggap efektif digunakan untuk melawan beberapa jenis bakteri yang kebal antibiotik.

Hormon sebagai neurotransmitter otak memengaruhi berbagai aspek kesehatan. Dibuktikan dalam studi bahwa bunga lawang memberi efek menenangkan. Studi tersebut mengaitkan kandungan antioksidan serta magnesium yang merangsang pelepasan neurotransmitter sehingga tubuh lebih rileks dan mengatasi insomnia.

Tingkatkan gairah seksual

Efek bunga lawang pada tingkat hormon banyak diteliti. Dalam penelitian lain, bunga lawang memberikan efek yang kuat pada hormon pria, testosteron dan estrogen pada wanita. Pada pria, dapat memberikan dorongan energik dan meningkatkan gairah seks. Sedangkan pada wanita, bunga lawang bisa membantu mengatur siklus menstruasi, mengontrol perubahan suasana hati, dan mengurangi nyeri saat menstruasi.

Dari sederet manfaat di atas, bagaimana cara mengolah bunga lawang untuk mendapatkan manfaat yang diinginkan? Anda bisa mengolah bunga lawang menjadi teh, yaitu dengan menyeduh 2 butir bunga lawang kering dan tambahkan dengan sesendok madu.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!