Timnas Rilis Skuat Piala AFF 2020, untuk Kali Pertama Tanpa Pemain Persija
Tim nasional Indonesia (Foto: PSSI)

Bagikan:

MAKASSAR - Sebanyak 30 nama pemain yang akan tampil di Piala AFF 2020 Desember ini sudah dirilis Timnas Indonesia. Namun, dari daftar tersebut tidak ada satu pun pemain yang berasal dari Persija Jakarta.

Merujuk dari Antara, ini kali pertama timnas tanpa kehadiran pemain Persija. Padahal, Macan Kemayoran dapat dikatakan klub yang rutin mengirimkan pemainnya ke timnas terhitung sejak Indonesia turut serta di Piala AFF 1998 atau edisi kedua.

Sebut saja mulai dari era lawas Widodo C. Putro hingga era Andritany Ardhiyasa. Nama Andritany bahkan rutin memberi kontribusi untuk timnas dalam dua edisi terakhir Piala AFF.

Dua pemain Persija tak dipanggil

Pada tahun 2018 lalu, Persija juga tak ketinggalan mengirim dua nama andalan untuk memperkuat timnas. Mereka adalah Andritany dan Riko Simanjuntak.

Sayangnya, saat timnas diarsiteki Shin Tae-Yong di tahun ini, dua nama pemain Persija yang jadi langganan timnas justru absen. Pelatih asal Korea Selatan itu tak memanggil Andritany dan Riko.

Sebenarnya, ada satu nama yang mewakili Persija, yaitu Ryuji Utomo. Namun, api Shin Tae-yong memanggilnya atas performanya bersama klub yang meminjamnya yaitu, Penang FC, sehingga nama Ryuji justru masuk slot pemain dari klub asing.

Timnas Indonesia sendiri akan menunjukkan skill-nya di Piala AFF 2020 pada 5 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022 di Singapura. Sebelum tampil, skuat Garuda lebih dulu menjalani pemusatan latihan dan beberapa kali uji coba di Turki selama dua pekan lebih.

Saat pertama kali merapat ke Turki, Shin Tae-yong hanya membawa 25 nama pemain. Namun, sang pelatih kemudian merilis lima nama tambahan untuk disertakan tampil  di Singapura.

Nama-nama pemain Timnas

Berikut 30 nama pemain yang akan memperkuat timnas dalam kompetisi Piala AFF 2020 di Singapura.

Penjaga Gawang: M. Riyandi, Nadeo Argawinata, Ernando Ari, Syahrul Fadillah.

Belakang: Fachrudin Aryanto, Victor Igbonefo, Ryuji Utomo, Alfeandra Dewangga, Elkan Baggott, Pratama Arhan, Edo Febriansyah, Rizky Ridho, Rizky Dwi, Asnawi Mangkualam, Marckho Sandi.

Gelandang: Evan Dimas, Kadek Agung, Rachmat Irianto, Ahmad Agung, Ricky Kambuaya, Syahrian Abimanyu, Irfan Samaling, Ramai Rumakiek, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Yabes Roni

Penyerang: Kushedya Hari Yudo, Dedik Setiawan, Hanis Saghara, Ezra Walian.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!