Posisi Indonesia Naik di Ranking FIFA, PSSI Sampaikan Apresiasi dan Rasa Bangga
Ketum PSSI Mochamad Iriawan (Foto: Ulfa Gusti/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar baik datang untuk sepak bola Indonesia. Dalam daftar peringkat terbaru FIFA yang dirilis Kamis, 23 Desember, Indonesia mengalami peningkatan ranking.

Menanggapi perkembangan positif ini, PSSI melalui Ketua Umum (Ketum), Mochamad Iriawan mengapresiasi usaha serius semua pihak dan mengaku sangat bangga.

"Kami apresiasi dan sangat bangga dengan pencapaian Timnas Indonesia di peringkat FIFA. Tentu ini berkat kerja keras pemain, pelatih dan seluruh komponen ofisial," kata Iriawan dalam rilis PSSI.

Perlu diketahui, berdasarkan hitungan FIFA hingga per 23 Desember lalu Indonesia telah menambah sebanyak 11,13 poin. Itu membuat Indonesia kini menduduki posisi ke-164 dan menjadi tim Asia yang paling berkembang.

Peningkatan posisi Indonesia dalam rangking FIFA tidak lepas dari kiprah timnas di Piala AFF 2020. Pasalnya, hingga leg pertama babak semifinal pada Rabu kemarin skuat Garuda menjadi tim yang belum terkalahkan dengan catatan tiga kali menang dan dua kali imbang.

Melihat bagaimana perjuangan keras para penggawa timnas di bawah asuhan Shin Tae-yong yang tengah berjuang di Piala AFF 2020, Iriawan mengaku akan terus mendukung dan memfasilitasi program yang disusun Shin Tae-yong.

"Untuk diketahui PSSI terus mendukung program dari pelatih Shin Tae-yong demi raihan prestasi timnas Indonesia," tambahnya.

Meski Indonesia diklaim jadi negara paling berkembang, ranking negara Asia tertinggi masih dipegang oleh Vietnam di posisi ke-98. Disusul Thailand di posisi ke-115, Filipina ke-128, Myanmar 162, Malaysia 154, dan Singapura 160.

Kendati demikian, Indonesia masih berpeluang untuk terus menambah poin. Hal itu bisa diwujudkan jika timnas terus mendapat hasil positif di Piala AFF 2020, seperti menjadi juara.

Terdekat, timnas Indonesia akan melakoni leg kedua semifinal Piala AFF 2020 kontra Singapura. Duel kedua tim bakal tersaji di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu 25 Desember malam WIB.