Ciri-ciri Sosiopat yang Dapat Dikenali dengan Mudah, Cek di Sini!
Ilustrasi (Keira Burton/Pexels)

Bagikan:

MAKASSAR - Istilah sosiopat digunakan pada orang yang mempunyai gangguan kepribadian antisosial. Seorang sosiopat cenderung tak peduli dengan perbuatannya yang memberi dampak pada sekitarnya, apakah itu merugikan diri sendiri atau orang lain. Dan ini membuatnya bertindak sesuka hati tanpa mengindahkan aturan yang ada.

Melansir dari laman Fimela, Kamis, 23 September, berikut ini beberapa ciri sosiopat yang bisa dikenali.

Sulit menjalin hubungan

Orang yang sosiopat juga merasa sulit untuk menjalin ikatan emosional, sehingga hubungan mereka seringkali tidak stabil. Dan ini membuatnya berpikir untuk mencari keuntungan dalam hubungan tersebut, melalui intimidasi atau penipuan.

Manipulatif

Sosiopat cenderung mencoba merayu dan mengambil hati orang-orang di sekitar mereka untuk keuntungan mereka sendiri atau untuk hiburan. Seorang sosiopat sangat mudah meyakinkan orang lain hanya dengan kata-katanya.

Kurang berempati

Kurangnya empati merupakan salah satu tanda sosiopat yang paling mudah dilihat, terutama ketidakmampuan untuk menyesali tindakannya. Sehingga mereka agak bebas untuk melakukan apa saja dan tidak peduli dengan perasaan orang lain.

Senang permusuhan

Sosiopat tidak hanya memusuhi diri mereka sendiri, tetapi juga lebih cenderung memahami perilaku orang lain sebagai permusuhan, dan memicu mereka untuk membalas dendam.

Tidak punya teman

Orang dengan gangguan kepribadian antisosial biasanya tidak mempunyai teman. Pada beberapa kasus, seorang sosiopat mungkin saja memiliki teman. Namun, hubungannya bukan hubungan yang mendalam.

Tidak berperasaan

Beberapa mungkin agresif dan terbuka melakukan kekerasan, tapi seorang sosiopat lebih sering menunjukkan ketidakpedulian terhadap perasaan orang lain.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!