Kabar Gembira! Sekolah Daring Akan Jadi Menyenangkan dengan Kehadiran Animasi Ini Budi
Animasi Ini Budi

Bagikan:

Makassar—Pelajaran sekolah kembali dilaksanakan dengan sistem sekolah jarak jauh. Kebijakan ini ditetapkan karena pemberlakukan PPKM Darurat di seluruh Indonesia. Agar siswa dan siswi tidak mudah jenuh saat belajar secara daring, Rumah Produksi Paragon Pictures dan Indika Foundation menyajikan animasi Ini Budi untuk menemani proses belajar dan mengajar melalui storytelling.

Salah satu kegiatan yang dilakukan Paragon Pictures dan Indika Foundation yaitu menggelar event workshop kreatif yang khusus untuk para guru. Dalam workshop tersebut, para guru dibimbing bagaimana cara membuat sebuah storytelling yang menarik bagi siswa dan siswi. 

Ajarkan toleransi sejak dini

Terpilihnya film animasi Ini Budi, karena film ini mengajarkan pentingnya pengetahuan menghargai perbedaan sejak dini, sehingga akan memberikan dampak positif bagi pelajar kedepannya. Karena, menurut Riset Programme for International Students Assessment (PISA) 2018, 41% siswa di Indonesia pernah mengalami perundungan (bullying) yang disebabkan oleh perbedaan. Untuk itulah, film Animasi Ini Budi menjadi penting untuk dicanangkan menjadi bagian dari materi belajar di sekolah.

"Perundungan adalah salah satu bentuk intoleransi dan ketidakmampuan menghargai perbedaan. Saya berharap "Ini Budi" bisa jadi cara seru untuk membantu menanamkan nilai-nilai toleransi kepada siswa. "Ini Budi" dapat membuka cara pandang baru untuk guru, bahwa nilai-nilai toleransi dan keragaman dapat diajarkan kepada siswa dengan cara yang menarik. Ini Budi juga sangat relevan bagi siswa, karena menggunakan konten video dan platform media sosial yang disenangi anak-anak, sehingga saya berharap siswa dapat lebih mudah memahami nilai toleransi,” ujar Ayu Kartika Dewi, Managing Director Indika Foundation dalam rilis yang diterima VOI.

Produser Paragon Pictures, Ellen Xie menjelaskan beratnya pengajaran melalui online sangat dirasakan oleh para guru, selain karena kurangnya interaksi,  anak kadang gampang terdistraksi. Karena itulah metode ajar yang kreatif diperlukan oleh para guru sehingga workshop ini sangat dinantikan oleh para pengajar.  

"Lain halnya ketika anak sedang menonton film kartun di TV, mereka bisa betah berjam-jam berkonsentrasi. Kami melihat pembuatan film kartun dan edukasi dapat saling berkolaborasi sehingga kita bisa memberikan tontonan yang bermakna dan anak dapat bergembira menikmatinya. Kami berharap lewat film animasi Ini Budi, anak-anak menjadi lebih bersemangat untuk pergi ke sekolah dan menjadikan sekolah tempat yang menyenangkan bagi mereka," ungkapnya.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!