Sedang dalam Fase Jenuh? Berikut 3 Alasan Kenapa Rasa Cinta Bisa Memudar
Ilustrasi (Djim Loic/Pexels)

Bagikan:

MAKASSAR - Pada awal hubungan, Anda mungkin merasakan cinta yang luar biasa besar. Namun, semakin lama perasaan itu berubah. Semua terasa tidak lagi sama seperti awal kalian menjalin hubungan asmara. Sebenarnya, bukan berarti tidak ada perasaan lagi, hanya saja kadarnya seperti memudar.  

Setelah berhubungan dalam jangka waktu lama, Anda tentu sudah tidak deg-degan lagi setiap mau ketemuan, tidak lagi senyum-senyum sendiri saat mengobrol dengan pasangan lewat telepon. Wajar, mengingat fase tersebut memang sudah lewat. Semakin lama, hubungan biasanya makin serius, dan perasaan semacam itu biasanya kurang bisa dirasakan lagi. Penasaran kenapa rasa cinta bisa memudar? Berikut penjelasannya.

Komunikasi

Komunikasi yang buruk antarpasangan seringkali jadi sumber utama dalam pertengkaran. Ketika kalian sedang ada masalah namun tidak bisa menyelesaikan dengan baik, Anda akan mengingat betapa menyebalkannya pasangan. Rasa cinta itu sebenarnya tetap ada. Namun, setiap ada masalah, Anda jadi lebih sering mengingat keburukannya daripada kebersamaan kalian selama ini.

Ingin mempertahankan hubungan dan membuat koneksi dengan pasangan jadi lebih baik? Perbaiki komunikasi! Masalah dalam hubungan itu wajar kok dan akan selalu ada. Namun, semuanya harus diselesaikan sampai tuntas. Dengan demikian, setelah berbaikan, Anda akan merasakan perasaan cinta lagi pada pasangan.

Waktu

Waktu memang bisa mengubah banyak hal, termasuk soal perasaan. Di awal hubungan, Anda mungkin merasa cinta Anda pada pasangan akan bertahan selama-lamanya. Namun, seiring waktu, semuanya terasa berbeda.

Penyebabnya bisa banyak faktor, mulai dari banyak konflik, terjebak rutinitas yang itu-itu saja, jarang ada waktu berkualitas, sama-sama sibuk, atau malah merasa jenuh dengan hubungan.

Jika sebenarnya tidak ada masalah yang besar sampai harus berpisah, Anda dan pasangan bisa sama-sama berusaha untuk bikin hubungan kalian jadi lebih seru. Misalnya, coba luangkan waktu untuk liburan bersama atau paling tidak melakukan hal-hal baru bersama, bisa juga pergi kencan ke tempat baru.

Perubahan

Awalnya, hubungan terasa mulus-mulus saja. Namun tiba-tiba ada perubahan terjadi dan ini sedikit banyak membawa perbedaan pada hubungan kalian. Bisa saja pasangan mendadak pindah kota, tempat tinggal semakin berjauhan, punya kegiatan tambahan yang bikin makin sibuk, atau baru saja pindah tempat kerja yang membuat kalian jadi sulit bertemu.

Karena adanya perubahan ini, Anda merasa cinta di antara kalian jadi memudar. Mestinya pasangan bisa beradaptasi dengan segala kondisi. Sebab perubahan akan selalu ada, kadang mendadak atau bahkan yang direncanakan.

Yuk coba didiskusikan lagi dengan pasangan mengenai hubungan kalian. Selalu ada jalan terbaik kok jika masih sama-sama ingin mempertahankan cinta kalian.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!