5 Manfaat Daun Kemangi Selain Menurunkan Gula Darah Tinggi
Ilustrasi (Asya Vlasova/Pexels)

Bagikan:

Daun kemangi kerap ditemukan dalam menu lalapan. Namun sebenarnya tumbuhan ini bisa didapati dalam berbagai resep masakan di Nusantara. Wangi daun kemangi ini memang menambah rasa pada makanan.

Selain penggunaannya dalam kuliner, ternyata daun kemangi dapat memberikan manfaat kesehatan. Seperti misalnya sebagai obat herbal dan sebagai minyak esensial. Penggunaan tradisional termasuk pengobatan gigitan ular, pilek, dan peradangan di dalam saluran hidung, misalnya efek dari flu.

Menurut penelitian, kemangi memang mengandung beberapa makronutrien, seperti kalsium dan vitamin K, serta berbagai antioksidan. Jenis kemangi lainnya adalah tulsi, atau holy kemangi (Ocimum Sanctum). Tanaman ini memainkan peran terapeutik dalam pengobatan Tamil dan Ayurveda, yang sebagian besar dipraktikkan di Asia Tenggara. Nah, berikut manfaat daun kemangi untuk kesehatan tubuh:

Mendukung kesehatan hati

Sebuah studi tahun 2015 pada tikus menyimpulkan bahwa antioksidan dalam sediaan bubuk yang termasuk daun kemangi, berdampak positif pada kesehatan hati. Para ilmuwan menerapkan bubuk tersebut setelah menggunakan racun untuk menyebabkan kerusakan hati.

Melawan kanker

Sebuah ulasan yang diterbitkan pada 2013 mengamati apakah daun kemangi dapat mencegah kanker. Para penulis dalam ulasan itu menyimpulkan bahwa fitokimia dalam daun kemangi dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker kulit, hati, mulut, dan paru-paru. Daun kemangi yang masuk ke dalam tubuh mampu meningkatkan aktivitas antioksidan, mengubah ekspresi gen, memicu kematian sel, dan memperlambat pembelahan sel.

Melindungi penuaan kulit

Daun kemangi memiliki manfaat kesehatan untuk wanita maupun pria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memasukkan ekstrak daun kemangi dalam krim kulit topikal dapat meningkatkan hidrasi kulit dan menjadikan wajah halus dan mengurangi kerutan. Tapi manfaat ini hanya bisa didapat jika daun kemangi diekstrak menjadi bubuk, bukan saat dikonsumsi.

Menurunkan gula darah tinggi

Beberapa praktisi pengobatan tradisional umumnya merekomendasikan daun kemangi untuk membantu mengatur kadar gula darah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daun kemangi dapat membantu mengobati efek gula darah tinggi jangka panjang.

Memerangi infeksi

Berbagai praktisi pengobatan tradisional telah menggunakan kemangi sebagai agen antimikroba, dan beberapa penelitian ilmiah mendukung penggunaannya.Para peneliti menyimpulkan bahwa olahan tertentu dari minyak kemangi dapat membantu mengobati atau mencegah beberapa jenis infeksi.

Meski memiliki segudang manfaat, tetap saja daun kemangi harus dikonsumsi secara wajar ya, terutama bagi ibu hamil dan menyusui. Sebab daun kemangi bisa memengaruhi kesuburan dan merangsang kontraksi rahim pada ibu hamil.

Artikel ini pernah tayang di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!