5 Tips Mudah Berbagi pada Hari Lebaran
Ilustrasi (Dario Fernandez/Pexels)

Bagikan:

Makassar—Ketika memberi dengan ikhlas, Anda tidak hanya membuat orang lain bahagia, namun juga diri sendiri. Pemberian di sini bahkan tidak selalu harus dalam bentuk materi.

Patrick Stoekmann, seorang profesional dan personal coach, dalam salah satu artikelnya berjudul Master of The Art Giving, menuliskan, "Secara manusiawi, banyak orang percaya jika memiliki sesuatu yang lebih, maka mereka baru akan memberi lebih banyak.

Namun, jika Anda berpikir seperti itu, Anda tidak akan pernah merasa cukup apalagi untuk memberikan sesuatu pada orang lain." Ia juga menambahkan, "Pada dasarnya semua manusia memiliki hadiah yang dapat diberikan kepada orang lain." Hal-hal berikut ini adalah beberapa contohnya.

Memberikan maaf

Memaafkan secara tulus terkadang memang tidak mudah, namun jika Anda berhasil melakukannya, Anda dapat menyembuhkan luka hati orang lain juga diri sendiri. Tentunya hal ini akan membuat Anda dan orang lain lebih bahagia.

Memberikan kebaikan

Berbuat baik adalah hadiah termudah yang bisa Anda berikan kepada orang lain. Rapikan meja dan buang sampahnya di restoran cepat saji setelah Anda selesai Kembalikan troli di supermarket pada tempatnya. Bantu seorang lansia saat harus naik atau turun tangga. Daftar yang bisa Anda lakukan tak ada batasnya. Berbuat kebaikan memberikan kebahagiaan bagi si pemberi, si penerima dan siapa pun yang menyaksikannya.

Memberikan bakat

Mungkin Anda punya keahlian dalam menulis, bercerita, memasak, menari, berpidato, main tenis, atau lainnya. Berikan satu jam waktu Anda untuk melatih seseorang.

Memberikan kehadiran

Buat seseorang merasa dicintai, istimewa, dan dihargai dengan mengunjungi mereka, menelepon, atau mengirim pesan untuk menanyakan kabar.

Jadi pendengar untuk cerita bahagia atau keluh kesah kekecewaan mereka. Berian pelukan ketika mereka sedang membutuhkannya.

Memberikan waktu dan tenaga

Seperti halnya berbuat baik, banyak yang bisa Anda lakukan ketika menjadi sukarelawan. Membantu di posko bantuan bencana, aktif membantu kegiatan kebersihan komplek, atau merawat anjing atau kucing di tempat penampungan.

Artikel ini pernah tayang di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!