Macam-macam Camilan Lezat dan Unik dari 3 Benua untuk Dinikmati Bersama Orang Spesial
Samosa (Gbr: Kabir Cheema-Unsplash)

Bagikan:

Makassar—Akhir pekan tinggal menghitung hari. Leyeh-leyeh di hari libur, sambil nonton TV ditemani camilan terdengar asyik, bukan? Kali ini, coba perluas wilayah kuliner dengan icip-icip ragam camilan dari luar negeri.

Penasaran apa saja camilannya? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut VOI hadirkan sederet camilan lezat dari berbagai negara yang mudah ditemui di Indonesia untuk teman akhir pekan Anda.

Takoyaki (Jepang)

Jajanan ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi Anda. Camilan yang disajikan dengan saus manis berwarna cokelat dan taburan kulit ikan ini berasal dari kota Osaka di Jepang. Untuk menyesuaikan rasa dengan lidah masyarakat tanah air, takoyaki khas Indonesia biasanya disajikan dengan mayonnaise plus saus sambal. Aslinya, takoyaki dihidangkan tanpa mayonnaise dan dilengkapi taburan acar jahe merah. Camilan lezat ini bisa Anda temui di mall, pasar malam, hingga pinggir jalan.

Chicken Fingers (Amerika Serikat)

Amerika sudah terkenal dengan berbagai jenis snack kemasan maupun fastfood. Salah satu yang bisa Anda temui dengan mudah di restoran Indonesia adalah menu Chicken Fingers. Jangan buru-buru membayangkan camilan ini terbuat dari ‘jari ayam’ karena makna harfiahnya, ya. Chicken fingers terbuat dari daging ayam goreng yang dipotong tipis. Biar makin kenyang, kudapan ringan ini biasanya disajikan dengan kentang goreng, coleslaw, dan saus tomat sebagai pelengkap.

Samosa (India)

Camilan lezat selanjutnya datang dari India. Samosa mirip seperti kue lumpia, namun berbentuk segitiga. Isi dari camilan lezat ini biasanya terdiri dari kentang, bawang, kacang polong, dan daging ayam. Salah satu ciri khas camilan ini terletak pada cara makannya yang dicocol ke dalam bumbu kari. Menyantap empat buah samosa, bisa membuat Anda kenyang selama 1-2 jam.

Stroopwafel (Belanda)

Bagi pencinta camilan manis, tampaknya stroopwafel wajib masuk ke dalam daftar perburuan. Punya tekstur renyah dan tebal, wafel ini disiram dengan sirup karamel atau diberi topping cokelat, buah-buahan, atau marshmallow. Kudapan ini pas disantap sebagai sarapan atau camilan sore.

Crepes (Prancis)

Camilan asli negara tokoh Napoleon Bonaparte ini tersedia dalam dua varian yakni asin dan manis. Tekstur kulit crepes pun bisa dipilih, asin atau manis. Crepes yang menjadi signature asli Prancis yaitu Crepes Suzette yang terdiri dari lembaran crepes yang disiram saus jeruk dan dibakar dengan teknik flambe.

Artikel ini pernah tayang di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!