Masalah Rumah Tangga Karena Penghasilan Istri Lebih Besar dari Suami? Begini Solusinya
Ilustrasi (Karolina Grabowska/Pexels)

Bagikan:

Makassar—Masalah finansial menjadi satu dari sekian banyak masalah rumah tangga yang dihadapi pasangan yang telah menikah. Apalagi, jika pendapatan sang istri lebih besar dari suami.

Hal ini tentu akan memengaruhi pernikahan secara serius. Terlebih di Indonesia, hal ini masih sangat tabu. Namun, tidak perlu khawatir karena hal itu bisa ditangani dengan benar. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya masalah dalam rumah tangga ketika istri memiliki pendapatan yang lebih besar:

Komunikasi

Segala sesuatu masalah dalam rumah tangga, bisa teratasi dengan baik dengan komunikasi. Sama halnya dengan masalah finansial. Ketika berbicara soal besarnya pendapatan istri daripada suami, hal yang utama untuk mencegah masalah adalah dengan membicarakan secara blak-blakan agar tak terjadi kericuhan di masa yang akan datang.

Kejujuran

Hal yang tak kalah penting dari komunikasi adalah kejujuran atau transparansi. Sebelum akhirnya memicu permasalahan di masa yang akan datang, sebaiknya jujur sejak awal.

Libatkan suami saat merencanakan anggaran rumah tangga

Ketika memiliki penghasilan yang lebih besar, ketakutan yang akan terjadi adalah ketika salah satu pihak mendominasi. Oleh sebab itu, penting untuk melibatkan suami ketika sedang merencanakan anggaran dalam rumah tangga. Hal itu akan membuat suami terasa lebih dihargai.

Artikel ini pernah tayang di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!