Punya Tetangga yang Menyebalkan? Berikut 5 Cara Bijak Menghadapinya
Ilustrasi cara menghadapi tetangga yang menyebalkan (iStockphoto)

Bagikan:

MAKASSAR - Terkadang kehidupan sosial terasa sulit sekali untuk dapat dikendalikan. Termasuk ketika Anda mempunyai tetangga rumah yang gemar mengurusi hal-hal yang bukan urusannya. Tentu ini akan menyebalkan, terlebih saat mereka mengganggu kehidupan Anda.

Lantas bagaimana cara mengatasi tetangga yang membuat hidup Anda tak tenang? Tetaplah bijak dan jalankan tips di bawah ini.

Mendirikan batasan

Batasan tidak harus tembok yang tinggi dan kokoh. Namun, mendirikan batasan bisa dengan memberikan penjelasan tentang mana yang personal dan perilaku yang bisa ditolerir maupun tidak. Ketika perilaku tetangga meresahkan, Anda dapat membuat batasan dengan tegas.

Mengabaikan mereka

Terkadang, pilihan terbaik yaitu dengan mengabaikan perilaku tetangga Anda. Beberapa orang gemar mencari tahu hal negatif orang lain untuk memperkuat egonya. Artinya, abaikan apapun perilaku mereka sehingga mereka akan menyerah karena tidak menerima apapun yang diinginkan dari Anda.

Berkomunikasi dengan mereka

Langkah pertama saat Anda harus berurusan dengan tetangga yang menyebalkan adalah membuat mereka sadar dengan masalahnya. Bisa jadi mereka tidak menyadari sudah melakukan hal yang mengganggu Anda. Nah, yang perlu Anda sadari adalah berkomunikasi dengan tenang dan sopan. Mereka mungkin dapat berpikiran terbuka dan menerima komplain jika disampaikan dengan cara bijak.

Jangan membalas hal yang Anda benci

Cara terbaik untuk membalas perilaku buruk orang lain yaitu hidup dengan lebih baik. Jika masalah Anda jadi sasaran tetangga, mungkin Anda tergoda untuk membalasnya. Ini bisa jadi bumerang lho. Maka tetaplah fokus pada kehidupan pribadi tanpa membalas perilakunya.

Menjaga jarak

Masih berkaitan dengan boundaries atau batasan. Anda mungkin mempunyai tetangga yang terlalu ramah dan selalu berusaha ikut campur urusan Anda. Jika Anda memiliki tetangga seperti ini, cobalah untuk menciptakan jarak. Anda bisa tetap berteman atau bertetangga dengan baik tanpa harus mencampuri urusan personal Anda.

Terkait