Jalin Kerja Sama dengan Perusahaan Teknologi di Swiss, Once akan Hadirkan Lagu Kolaborasi dalam Bentuk NFT
Once (Foto: ANTARA)

Bagikan:

MAKASSAR - Lagu kolaborasi antara Once Mekel dengan sejumlah musisi internasional, "Human Race" akan segera hadir dalam bentuk NFT. Once akan menggandeng WiseArt, sebuah perusahaan teknologi yang berbasis NFT Green di Geneva, Swiss.

"Human Race" yang dirilis pada Januari 2022 ini, merupakan lagu kampanye perubahan iklim yang dinyanyikan oleh Once, bersama Jeff Scott Soto (Amerika) dan Dino Jelusic (Kroasia), serta melibatkan musisi lainnya termasuk Derek Sherinian, Ron 'Bumblefoot' Thal, Billy Sheehan dan Simon Philips.

Proyek yang dinamakan Dream Team Project ini selanjutnya menghadirkan lagu tersebut melalui NFT yang dapat dibeli melalui platform WiseArt.

Dukung program "ReForest Our Planet"

Dream Team Project sendiri digelar oleh Indra Putra, Derek Sherinian dan Ron 'Bumblefoot' Thal serta Edo Widiz untuk mendukung program "ReForest Our Planet" dari ForestNation yang bertujuan untuk mencegah pemanasan global mencapai tingkat yang berbahaya.

"Kami sangat bersyukur bahwa lagu 'Human Race" telah hadir dalam bentuk NFT yang di dukung oleh WiseArt," kata Once dikutip dari ANTARA, Senin, 7 Maret.

Once menjelaskan, melalui teknologi NFT ini, dalam waktu dekat Dream Team Project akan meluncurkan program baru dalam lagu "Human Race" yakni Music Collaboration Program. Di sini, pihaknya secara terbuka menerima kolaborasi musik dengan siapa saja baik penyanyi, pemain gitar, drum, bass bahkan alat musik tradisional dengan versi berbeda-beda.

"Caranya sangat mudah yaitu dengan membeli track dari lagu 'Human Race' melalui NFT, nanti bisa berkreasi dengan menambahkan rekaman track baru lalu kirim balik kepada kami," ujar Once.

Selanjutnya, Dream Team Project akan melakukan seleksi yang terbaik dari versi tersebut dan akan dirilis kembali dengan versi terbaru dalam lagu "Human Race" secara global.

Peluang baru dalam kolaborasi musik

Dream Team Project juga sedang mempersiapkan track lagu terbaik dari album "Intrinsik" milik Once yang akan dihadirkan dalam bentuk NFT dengan konsep yang sama seperti "Human Race" yaitu Music Collaboration Program.

"Dengan kata lain kami berharap program ini dapat menjadi pionir terhadap peluang baru dalam hal kolaborasi musik dengan skala international termasuk distribusi musik secara worldwide," kata pelantun "Ku Cinta Kau Apa Adanya" ini.

Pendapatan dari lagu "Human Race" akan dimanfaatkan untuk program Human Race Forest yang bekerja sama dengan ForestNation dalam mencegah pemanasan global.