Polda Sulsel: Vaksinasi COVID-19 Telah Mencapai 25 Persen
Vaksinator bersiap menyuntikkan vaksin COVID-19 jenis Sinovac kepada peserta saat kegiatan Vaksinasi Kemerdekaan secara massal di pelataran Menara Pinisi kampus UNM Makassar, Sulawesi Selatan. (ANTARA)

Bagikan:

MAKASSAR - Wakil Kepala Polisi Daerah Sulawesi Selatan, Brigjen Pol Halim Pagarra mengatakan capaian vaksinasi COVID-19 yang diselenggarakan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes) telah mencapai 25 persen dari penyebaran jumlah vaksin yang ditugaskan oleh pemerintah.

"Untuk vaksin dari Polda diberikan sebanyak 30.501 ribu dosis, dan sudah terpakai 18.603 ribu dosis. Sisanya, 11.898 dosis belum digunakan," sebut Wakapolda kepada wartawan disela peninjauan Vaksinasi Kemerdekaan secara massal di pelataran Menara Pinisi Kampus UNM Makassar, Minggu 08 Agustus.

Perwira tinggi Polri ini menjelaskan, kegiatan vaksinasi itu terselenggara berkat kerja sama Civitas Akademika Universitas Negeri Makassar (UNM), dan pihak terkait lainnya. Kegiatan vaksin ini juga mendapat respon positif dari masyarakat, dengan jumlah peserta di atas 5.000-an yang sudah mendaftar secara daring (online).

"Vaksinasi tidak hanya hari ini, semua bisa daftar di mana saja, vaksin bisa klinik Rumah Sakit Bhayangkara, Rumah Sakit Pelamonia serta pada lokasi lain tempat pelaksanaan vaksinasi," paparnya.

Hal senada disampaikan, Kepala Bidang Dokkes Polda Sulsel, Kombes Pol dr Yusuf Mawadi disela vaksinasi kemerdekaan.

Ia menyebut, untuk aturan pemenuhan "herd immunity" (kekebalan kelompok) dalam hal vaksinasi itu minimal mencapai 80 persen.

"Untuk (masyarakat) Sulsel sudah divaksin, sudah25 persen. Ini masih jauh dari 70 sampai 80 persen untuk itu (herd immunity)'," ujarnya.

Total vaksin 30 ribuan dosis

Sedangkan penugasan yang diberikan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan, sebut Yusuf, untuk awal Agustus 2021 sudah cukup. Total diterima vaksin 30 ribuan dosis atau vial dan telah didistribusikan ke Polres jajaran serta masyarakat.

Saat ditanyakan mengenai ketersediaan vaksin moderna atau booster dosis ketiga bagi tenaga kesehatan atau nakes apakah Biddokes sudah menerima untuk didistribusikan, kata dia, sudah ada.

"Moderna dosis tiga sudah tiba, dan masih dikoordinir Dinas Kesehatan provinsi. Seluruh nakes di Sulsel akan dapat moderna. Ini baru tahap awal, karena minggu kemarin baru datang dan sekarang baru disiapkan," tuturnya menambahkan.

Rencananya kegiatan vaksinasi kemerdekaan tersebut akan ditinjau langsung Kapolri Jenderal Sigit Sulistyo bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Menara Pinisi UNM, namun urung diselenggarakan karena ada agenda penting lainnya di Yogyakarta.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!