Pemkot Kendari Selenggarakan Lomba Pungut Sampah di Laut dan Penanaman Pohon
DOK ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK, Pemerintah Kota Kendari, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyelenggarakan lomba memungut sampah di laut dan penanaman pohon. Kegiatan ini bertujuan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) 2021.

Aksi tanam pohon dilakukan di Kelurahan Talia. Kegiatan ini diikuti Sekda Kendari Nahwa Umar, Ketua TP PKK Kota Kendari Sri Lestari Sulkarnain, Kepala DLHK Kendari Nismawati. Ada juga puluhan pegiat lingkungan serta siswa dan guru sekolah adiwiyata di daerah itu.

Lomba memungut dan mengangkut sampah dari laut, diikuti 28 peserta yang merupakan ibu-ibu warga Kelurahan Petoaha dan Bungkutoko.

Ketua TP PKK Kota Kendari Sri Lestari Sulkarnain menjelaskan banyak hal bisa dilakukan untuk memperingati HLHS, seperti menanam pohon, membersihkan lingkungan rumah dan memilah sampah.

"Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan sekitar kita agar tetap terjaga, kami ingin menghadirkan kesadaran kepada warga, khususnya yang ada di sekitar Petoaha ini agar membiasakan diri untuk menjaga lingkungan di sekitarnya, menjaga keasriannya, pepohonannya tetap ada kemudian lingkungannya tetap bersih," kata dia dikutip Antara, Kamis, 10. Juni. 

Dengan begitu menurutnya masyarakat bisa hidup dengan aman dan nyaman, sebab diketahui bahwa laut merupakan halaman buat warga pesisir sekaligus salah satu sumber mata pencaharian mereka.

Wujud Kesadaran Masyarakat

Sekda Kota Kendari Bahwa Umar menyebutkan lomba memungut sampah bukan sekadar untuk memungut sampah, namun sebagai wujud kesadaran warga untuk senantiasa menjaga lingkungan dari sampah.

"Jangan kita membuang sembarang sampah terlebih karena kita berada di pinggiran laut, baiknya kita kumpul sampah dan buang pada tempat yang telah ditentukan oleh pemerintah kota, sebab jika sudah benar-benar bersih nantinya bisa menjadi tempat wisata," katanya.

Khusus pada lomba mengangkut sampah dari laut, hasilnya ratusan kilogram sampah berhasil diangkut dari pesisir oleh peserta. Sedangkan yang keluar sebagai pemenang adalah Ati Swanti setelah berhasil mengangkut 37,4 kilogram sampah. 

Artikel ini pernah ditayangkan sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!