ICMI Imbau PBB untuk Segera Hentikan Perang Israel-Palestina
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

MAKASSAR - Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) mengimbau Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) harus segera meminta Israel menghentikan agresi ke Palestina. ICMI berharap perang Israel-Palestina segera berakhir dan kedua belah pihak dapat menempuh jalur perundingan.

"Konflik Israel vs Palestina bukan perang soal Agama. Itu adalah perang soal perebutan wilayah dan soal kemanusiaan," ujar Ketua Umum ICMI, Jimly Assiddiqie, dalam keterangannya, Senin, 17 Mei.

Jimly menegaskan, pihaknya mengutuk pendudukan Israel atas wilayah Palestina. ICMI mendukung penuh perjuangan Palestina untuk mendapatkan hak-haknya.

"Kami juga mendukung penuh langkah langkah strategis Indonesia, baik di OKI maupun di PBB yang terus konsisten dan aktif demi terwujudnya perdamaian Israel-Palestina," katanya.

Imbau Pemerintah Indonesia jadi penengah

Selain itu, ICMI mendorong agar Pemerintah Indonesia bersedia menjadi penengah bagi terwujudnya perdamaian Israel-Palestina.

Jimly juga mengingatkan seluruh komponen bangsa untuk bahu membahu memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga Palestina dan dip pengungsian.

"Mereka butuh pakaian, obat-obatan, makanan, selimut dan lain sebagainya. Demi alasan kemanusiaan, kami harapkan Pemerintah dapat mengkoordinir bantuan dari masyarakat Indonesia yang nantinya dapat dikirimkan langsung ke Palestina dan ke wilayah pengungsian," tandas Jimly.

Artikel ini pernah tayang di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!