Presiden Joe Biden Kembali Berikan Perlindungan Kaum LGBT dari Diskriminasi Kesehatan
Ilustrasi LGBT. (Wikimedia Commons/Silar)

Bagikan:

MAKASSAR - Otoritas Amerika Serikat memastikan kaum gay dan transgender akan dilindungi dari diskriminasi jenis kelamin dalam perawatan kesehatan, bertolak belakang dengan kebijakan sebelumnya pemerintahan sebelumnya di bawah Presiden Donald Trump.

Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat Xavier Becerra mengatakan, tindakan tersebut memulihkan perlindungan di bawah ketentuan Undang-Undang Perawatan Terjangkau, juga dikenal sebagai 'Obamacare', terhadap diskriminasi seksual dalam perawatan kesehatan. Itu adalah yang terbaru dari serangkaian langkah yang diambil Presiden Joe Biden untuk mendukung hak-hak LGBT.

"Ini hanya mengatakan apa yang sudah harus diketahui semua orang, Anda tidak boleh mendiskriminasi orang," kata Becerra kepada CNN seperti dilansir Reuters, Selasa 11 Mei.

"Itu termasuk yang didasarkan pada orientasi seksual atau identitas gender dan ketika menyangkut perawatan kesehatan, kami ingin memastikan bahwa itu masalahnya," sambungnya.

Kebijakan baru ini merupakan pembalikan dari kebijakan era Presiden Donald Trump yang pada Juni 2020, mengeluarkan aturan yang mencabut beberapa perlindungan anti-diskriminasi di bawah Undang-Undang Perawatan Terjangkau, undang-undang yang ditandatangani oleh mantan Presiden Barack Obama pada 2010.

Pada 2016, pemerintahan Obama memperkenalkan aturan yang menjelaskan bahwa orang LGBT akan dilindungi di bawah ketentuan diskriminasi perawatan kesehatan federal. Aturan era Donald Trump membalikkan ketentuan hukum yang memperluas perlindungan hak-hak sipil dalam perawatan kesehatan untuk mencakup berbagai bidang, termasuk identitas gender dan aborsi.

“Jadi sekarang sudah jelas, tidak ada ambiguitas. Anda tidak bisa mendiskriminasi orang berdasarkan orientasi seksual atau identitas gender,” tambah Becerra.

HHS mengatakan dalam sebuah pernyataan, Kantor Hak Sipilnya membuat keputusan sehubungan dengan putusan Mahkamah Agung AS pada Juni 2020 dan keputusan pengadilan selanjutnya. Mahkamah Agung tahun lalu memberikan kemenangan penting untuk hak-hak LGBT dan kekalahan bagi pemerintahan Trump, yang memutuskan bahwa undang-undang federal yang sudah lama melarang diskriminasi di tempat kerja, melindungi karyawan gay dan transgender.

"Mahkamah Agung telah menjelaskan, orang memiliki hak untuk tidak didiskriminasi atas dasar jenis kelamin dan menerima perlakuan yang sama di bawah hukum, tidak peduli identitas gender atau orientasi seksual mereka," papar Becerra dalam pernyataannya.

Terpisah, Ketua DPR AS Nancy Pelosi memuji langkah pemerintah dan menyebut kebijakan LGBT Trump di tengah pandemi virus corona, sebagai tindakan kekejaman yang tidak masuk akal dan mengejutkan.

Titik nyala dalam perang budaya Amerika Serikat

Masalah hak transgender telah menjadi titik nyala dalam perang budaya Amerika Serikat, dengan Partai Republik di tingkat negara bagian mengejar langkah-langkah yang menargetkan orang transgender. RUU semacam itu telah diperkenalkan di sekitar 28 negara bagian sepanjang tahun ini, menurut kelompok advokasi Southern Poverty Law Center.

"Dengan perawatan kesehatan untuk pemuda transgender yang diserang oleh badan legislatif negara bagian, langkah untuk melindungi orang LGBTQ dari diskriminasi dalam perawatan kesehatan sangat penting," kata American Civil Liberties Union.

"Sangat disayangkan bahwa langkah yang jelas harus diambil. AMA menyambut baik pemahaman hukum yang masuk akal ini," tambah Presiden Asosiasi Medis Amerika (AMA) Susan Bailey.

Untuk diketahui, Presiden Joe Biden yang menjabat sejak 20 Januari lalu, berusaha untuk membatalkan kebijakan Trump lainnya yang membatasi hak-hak LGBT Amerika.

Semisal, membatalkan larangan pendahulunya dari Partai Republik terhadap orang transgender yang bertugas di militer AS, mengeluarkan perintah eksekutif yang memperluas perlindungan non-diskriminasi federal yang ada kepada orang-orang LGBT dan mengeluarkan memorandum presiden, yang bertujuan untuk memperluas perlindungan hak-hak orang LGBT di seluruh dunia.

Artikel ini pernah tayang di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!