Ukraina Tuduh Rusia Manfaatkan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir untuk Luncurkan Serangan Roket Mematikan
Bangunan yang hancur di Dnipro akibat serangan Rusia. (Wikimedia Commons/National Police of Ukraine)

Bagikan:

MAKASSAR - Ukraina menuduh Rusia meluncurkan roket dari sekitar Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Zaporizhzhia yang direbut, dan menewaskan sejumlah 13 orang dan melukai 10 orang, dengan pengetahuan akan berisiko bagi Ukraina untuk membalas tembakan.

Kota Ukraina yang menjadi target Rusia, Marhanets, disebut Moskow sebagai salah satu lokasi yang digunakan untuk menembaki tentara mereka di pembangkit Zaporizhzhia, yang direbut pada bulan Maret.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy menegaskan, pasukan Ukraina akan merespons penembakan Marhanets. Militer Ukraina mengungkapkan, Rusia juga membombardir beberapa daerah lain di wilayah Zaporizhzhia, termasuk kota pertambangan batu bara Vuhledar.

"Angkatan bersenjata Ukraina, intelijen kami dan badan penegak hukum kami tidak akan membiarkan penembakan Rusia hari ini di wilayah Dnipropetrovsk tanpa jawaban," ujar Presiden Zelensky dalam pidato video larut malam, melansir Reuters 11 Agustus.

Sementara itu, Andriy Yermak, kepala staf Presiden Zelensky, menyebutkan bahwa Rusia meluncurkan serangan dengan impunitas dari Zaporizhzhia, karena memahami bahwa Ukraina berisiko untuk melawan.

"Orang-orang Rusia yang pengecut tidak bisa berbuat apa-apa lagi, sehingga mereka menyerang kota-kota dengan bersembunyi di pembangkit listrik tenaga atom Zaporizhzhia," katanya di media sosial.

Sebanyak 500 tentara Rusia bekerja dengan kendaraan berat

Wali Kota Nikopol, sebuah kota yang dikuasai Ukraina dekat Marhanets di seberang Sungai Dnipro dari pembangkit nuklir, mengatakan di Telegram bahwa penembakan Rusia sudah menghantam sebuah wilayah di dekatnya hampir setiap malam selama seminggu terakhir.

Ukraina mengatakan sekitar 500 tentara Rusia dengan kendaraan berat dan senjata berada di pembangkit, di mana teknisi Ukraina terus bekerja.

Sebelumnya, perusahaan tenaga nuklir negara Ukraina telah memperingatkan, kontainer dengan bahan radioaktif mungkin berisiko terkena tembakan, mengatakan sangat penting Kyiv merebut kembali pabrik pada musim dingin. Ia menuduh Rusia ingin menghubungkan fasilitas itu ke jaringan listriknya.

Adapun Rusia mengatakan pasukannya berperilaku bertanggung jawab dan memastikan keamanan kompleks.

Sementara itu, Valentyn Reznychenko, gubernur wilayah Dnipropetrovsk Ukraina tengah, mengatakan lebih dari 20 bangunan telah rusak di kota yang berada di sisi lain pembangkit.

Gambar yang dipasok oleh pejabat Ukraina menunjukkan koridor sekolah yang dipenuhi puing-puing dengan jendelanya pecah dan sebuah bangunan tempat tinggal ditusuk oleh roket.

Adapun gubernur wilayah Sumy di perbatasan Rusia barat laut Kharkiv, Dmytro Zhyvytsky, menuliskan di Telegram bahwa setidaknya lima komunitas menghadapi penembakan Rusia dan tembakan senjata ringan.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti info dan artikel lainnya di VOI Sulsel, Klik Tautan Berikut untuk info selengkapnya.