Berita Sulsel Terbaru: Peduli Antarsesama, Forum Kemanusiaan Makassar Kampanyekan Gerakan Donasi Kemanusiaan
Ketua Forum Kemanusiaan Makassar, dokter Udin Shaputra Malik (tengah) berfoto bersama tim lembaga kemanusiaan. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Beberapa lembaga kemanusiaan tergabung dalam Forum Kemanusiaan Makassar, Sulawesi Selatan, mengampanyekan gerakan donasi kemanusiaan sebagai langkah kepedulian antarsesama.

"Khususnya dalam menangani kasus kemanusiaan seperti, bencana alam, lansia terlantar, pasien tidak mampu, anak putus sekolah, kekerasan perempuan dan anak, rumah tidak layak huni, dan lainnya," jelas Ketua Forum Kemanusiaan Makassar, dokter Udin Shaputra Malik, di Makassar, Selasa.

Menurut dia, forum ini disediakan untuk menampung aspirasi termasuk intens mengadakan diskusi sesuai bidang kemanusiaan masing-masing lembaga dengan menggandeng pemerintah kota serta stakeholder terkait dalam penanganan kemanusiaan.

"Kolaborasi ini mesti dilakukan bersama pemerintah dan stakeholder dalam penanganan kasus bencana sehingga dapat mewujudkan Kota Makassar yang tangguh, resilien, dan inklusif," tutur menantu Wali Kota Makasar Moh Ramdhan Pomanto ini menekankan.

Rangkul sejumlah lembaga yang bergerak di bidang sosial

Selain itu, lewat pelatihan kampanye donasi dan teknik komunikasi advokasi untuk relawan belum lama ini, komunikasi dan koordinasi dalam penanganan bencana diharapkan dapat dioptimalkan bagi korban terdampak.

Forum Kemanusiaan Makassar ini terbentuk dengan merangkul lembaga kemanusiaan, antara lain Rumah Zakat, Baznaz, Dompet Dhuafa, Masyarakat Cinta Mesjid, serta beberapa organisasi kemasyarakatan yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan.

"Kami berkumpul dalam forum ini untuk berkolaborasi, karena kami yakin kasus kemanusiaan harus dikerjakan bersama antara relawan kemanusiaan, pemerintah, dan orang-orang baik atau donatur secara cepat, tepat, dan profesional," papar dokter lulusan terbaik Fakultas Kedokteran Unhas ini menambahkan.

Pelatihan tersebut dihadiri pemateri Fahril dan Fajar Ariyanto dari platform crowdfunding terbesar di Indonesia, kitabisa.com

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.