Berita Internasional Terkini: PM Swedia dan Polandia Selenggarakan Konferensi Donor Internasional untuk Ukraina
Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki dan Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson menyelenggarakan Konferensi Donor Internasional untuk Ukraina. (foto: dok. antara)

Bagikan:

MAKASSAR - Derita rakyat Ukraina yang negaranya diserang Rusia telah mengundang simpati warga dunia. Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki dan Perdana Menteri Swedia, Magdalena Andersson, menggelar Konferensi Donor Internasional untuk Ukraina di Warsawa pada Kamis, 5 Mei.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki, dan Perdana Menteri Swedia, Magdalena Andersson. Mereka  bekerja sama dengan Presiden Dewan Eropa, Charles Michel dan Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen.

Tujuan dari inisiatif ini adalah untuk menggalang bantuan kemanusiaan bagi Ukraina,  demikian menurut Kedutaan Besar Polandia di Jakarta, Kamis, 5 Mei.

Pertemuan dilangsungkan dan dihadiri oleh Kepala Negara dan Pemerintahan, dengan partisipasi dari sejumlah perwakilan kelompok bisnis global dan institusi finansial.

Konferensi ini menginisiasi sejumlah kegiatan penggalangan dana bagi Ukraina dalam beberapa bulan ke depan, menurut pernyataan Kedubes Polandia.

Himpun dana bantuan kemanusiaan di Ukraina

Konferensi bertujuan untuk menghimpun dana untuk kebutuhan bantuan kemanusiaan di Ukraina yang semakin meningkat.

Polandia dan Swedia berharap negara-negara mitra lainnya untuk secara bersama merespons situasi kemanusiaan yang semakin memprihatinkan di Ukraina. Saat ini, solidaritas nyata diperlukan untuk mendukung masyarakat Ukraina.

Menurut PBB, 13 juta warga yang berada di Ukraina membutuhkan bantuan vital kemanusiaan; di antaranya tenda; makanan dan pasokan obat.

Maka dari itu, upaya mobilisasi yang esensial dari dunia internasional terhadap Ukraina dibutuhkan, yang mana saat ini baru menutup kurang lebih 15 persen dari total kebutuhan yang diperlukan.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.