Berita Sulsel Hari Ini: Mahasiswa KKN Unhas Berikan Edukasi Literasi Keuangan untuk Masyarakat
Sekretaris Daerah Sulsel Abdul Hayat saat melakukan pemasangan atribut bagi mahasiswa KKN Unhas untuk melakukan KKN literasi keuangan. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) segera memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai literasi keuangan dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diselenggarakan akhir Juni ini hingga Agustus nanti.

Melalui keterangannya di Makassar, Selasa, Direktur Alumni dan Penyiapan Karir Unhas Abdullah Sanusi menjelaskan bahwa program literasi keuangan ini merupakan inisiasi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) bersama Unhas untuk membangkitkan literasi keuangan.

Pasalnya, berdasarkan data OJK, tingkat literasi masyarakat terkait keuangan, khususnya bagi masyarakat di tingkat pedesaan masih pada angka 30 persen. Sehingga, masyarakat dianggap perlu mendapatkan edukasi terkait literasi keuangan baik berupa investasi maupun terkait program industri keuangan.

"Pada bagian ini kami dari Universitas Hasanuddin melalui aktivitas Kuliah Kerja Nyata, yang Insya Allah akan diikuti oleh mahasiswa kami pada gelombang 108 ini," ungkapnya.

Abdullah juga berharap peran mahasiswa melalui KKN ini sebagai upaya kecil ini dalam membantu dan membangkitkan literasi keuangan di Sulsel, sekaligus juga membantu progres literasi keuangan yang lebih baik di Indonesia secara umum," ungkapnya.

Sosialisasi perbankan untuk masyarakat

Sehari sebelumnya, Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel Abdul Hayat Gani hadir dalam Program Literasi Keuangan Mahasiswa KKN Unhas di Baruga Prof Baharuddin Lopa, Makassar.

Hal tersebut tersebut ditandai dengan penyematan atribut KKN oleh Sekda, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional Sulawesi, Maluku dan Papua Darwisman, serta Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan Causa Iman Karana, dan Direktur Alumni dan Penyiapan Karir Unhas Abdullah Sanusi, kepada para mahasiswa yang akan menjalani KKN, sebagai Agen Literasi Keuangan Unhas.

"Saya mengapresiasi pelaksanaan ini, luar biasa ini inovatif, produktif yang kurang lebih sama dengan visi misi gubernur, yakni inovatif, produktif, kompetitif, daya saing, dan berkarakter," ujarnya.

Menurutnya, dengan mengusung tema Bangkitkan Literasi Keuangan Melalui Mahasiswa Berprestasi, yang menjadi poin dari tema tersebut yakni tidak ada negara maju tanpa pendekatan perbankan yang dilakukan melalui literasi, tujuannya memberikan sosialisasi, edukasi dan lain sebagainya.

Dari kegiatan KKN ini, kata Abdul Hayat, menjadi kesempatan bagi para mahasiswa untuk mengambil bagian mengenalkan kepada masyarakat terkait dengan literasi keuangan melalui edukasi, baik itu mengenai investasi maupun industri keuangan.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.