Stasiun Radio Rusia Diretas saat Siaran, Siarkan Lagu Kebangsaan Ukraina
Ilustrasi siaran radio. (Unsplash/@nittygritty_photo)

Bagikan:

MAKASSAR - Sejak melakukan invasi ke Ukraina pada 24 Februari lalu, Rusia kembali mendapatkan serangan digital di dunia maya, dengan yang terbaru dialami oleh salah satu stasiun radio di negara itu.

Peretas menargetkan stasiun radio Rusia Kommersant FM pada Hari Rabu, dengan menyiarkan lagu kebangsaan Ukraina dan lagu-lagu anti-perang, sebagai bentuk protes terhadap invasi Moskow ke Ukraina.

"Stasiun radio telah diretas. Aliran internet akan segera diaktifkan kembali," kata stasiun itu dalam sebuah pernyataan, menyusul siaran radio tersebut langsung dihentikan, seperti dikutip dari The Moscow Times 9 Juni.

Protes anti-perang para peretas termasuk lagu band rock Rusia Nogu Svelo! 'We Don't Need a War', yang berulang kali menampilkan kutipan dari Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, yang secara kasar diterjemahkan menjadi 'pria tangguh selalu menepati janjinya.'

Foto-foto yang memperlihatkan peretasan di media Ukraina

Diketahui, peretasan stasiun radio Kommersant FM merupakan yang terbaru, dalam serangkaian serangan digital sejak Rusia menginvasi Ukraina.

Sebelumnya pada Bulan Mei, alternatif YouTube buatan Rusia, Rutube, dimatikan oleh serangan dunia maya menjelang parade Hari Kemenangan tahunan negara itu, yang digelar setiap tanggal 9 Mei di Lapangan Merah.

Juga pada Bulan Mei, media Ukraina menerbitkan foto-foto yang dimaksudkan untuk menunjukkan peretasan beberapa saluran televisi Rusia.

Saluran-saluran itu sepertinya menyampaikan pesan yang berbunyi: "darah ribuan orang Ukraina dan ratusan anak-anak mereka ada di tangan Anda. Televisi dan pihak berwenang berbohong. Tidak untuk perang."

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.