Ruhut Sitompul Minta Maaf Karena Sebar Foto Anies Baswedan Telanjang Dada Hanya Pakai Koteka
Anies Baswedan dan Ruhut Sitompul. (Facebook/YouTube/pribadi)

Bagikan:

MAKASSAR - Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Ruhut Sitompul memohon maaf atas sikapnya yang mengedit dan mengunggah foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di media sosial.

Ruhut mengunggah foto Anies mengenakan busana adat Papua lengkap dengan koteka di akun Twitternya. Foto itu diunggah tak lama setelah Ruhut memposting foto yang bernarasi 'Haram Dukung Anies Baswedan'.

Atas aksinya itu, banyak warganet yang menghujat dan mengecam Ruhut. Dia berdalih yang mencibirnya tidak memahami permasalahan sebenarnya.

"Taunya aku dihujat habis2an tapi apa mau dikata apalagi yang hujat pada tidak tau permasalahannya," katanya dalam akun Twitter @ruhutsitompul, Jumat 13 Mei.

Ruhut pun menyatakan permintaan maafnya. Sebagai pribadi sekaligus politikus yang aktif bermedia sosial, kata dia, tentu tidak akan lepas dari kesalahan.

"Tapi aku harus berhikmat dan untuk semua yang masih marah2 maafkan aku manusia yang tidak luput dari kesalahan MERDEKA," ujarnya.

Tanggapan Roy Suryo

Sebelumnya, Ruhut menunjukkan foto editan Anies dengan pakaian adat tradional masyarakat Papua. Dalam foto tersebut Anies tidak mengenakan atasan, dan bagian bawah tubuhnya hanya menggunakan koteka.

Eks Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo menanggapi foto yang diunggah Ruhut. Menurut Roy, Ruhut tak kapok, belum lama menyebar konten hoaks berkaitan Anies kini berulah kembali.

"Lagi2 ini HOAX. Foto EDITAN diposting2 Ruhut lagi," ujar Roy lewat akun Twitter @KRMTRoySuryo2.

Ruhut mengunggah konten editan Anies berbusana Papua tak lama setelah memposting foto kumpulan pengendara motor besar mengenakan pakaian bertuliskan 'Haram Dukung Anies Baswedan'. Saat itu Roy juga berkomentar atas foto yang diunggah Ruhut.

Menurut Roy, foto itu adalah dokumentasi ketika klub motor Ducati Desmo OC Indonesia (DDOCI) menuju beriringan menuju sebuah acara pada 2008.

Roy juga mengunggah foto yang dinilainya asli tanpa editan tidak seperti yang diposting Ruhut. "Foto tsb Aslinya Event Klub Motor Ducati Desmo OC Indonesia (DDOCI) menuju Automall SCBD tgl 24/08/08 lalu," ujar Roy lewat akun Twitternya.