Berita Sulsel Terbaru: Konjen Australia Lakukan Kunjungan ke Kampung KB di Pangkep
Ilustrasi rangkaian acara ‘Ambassador Goes to Kampung KB’ yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di Kabupaten Pangkep, Sulsel. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Konsul Jenderal Australia di Makassar Bronwyn Robbins melakukan kunjungan ke Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan sebagai peserta rangkaian acara ‘Ambassador Goes to Kampung KB’ yang digelar oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

“Mengunjungi Kampung KB adalah sebuah kesempatan bagi kami untuk melihat secara langsung bagaimana langkah pengembangan keluarga oleh BKKBN," kata Robbins di sela kunjungannya ke Kampung KB di Balocci, Kabupaten Pangkep, Kamis 24 Maret.

Dia menjelaskan, BKKBN dalam hal ini akan dilihat peranannya dalam mengurangi angka kematian ibu, mendukung perencanaan keluarga, dan mencegah stunting pada anak.

Pengembangan multi-sektor

Program Kampung KB memanfaatkan langkah pengembangan multi-sektor dalam menyelesaikan permasalahan kependudukan dan peningkatan kualitas hidup di tingkat desa.

Berdasarkan data BKKBN diketahui, saat ini terdapat sebanyak 15.533 Kampung KB yang telah diresmikan di seluruh penjuru Indonesia, khususnya di daerah–daerah yang memiliki keterbatasan akses pada fasilitas kesehatan dan tingkat partisipasi rendah dalam keluarga berencana, termasuk daerah-daerah pesisir.

“Jadi, sangat menarik untuk melihat bahwa ruang lingkup BKKBN tidak hanya mencakup perencanaan keluarga, tetapi juga kesejahteraan masyarakat,” ujar Robbins.

Bulan lalu, lanjut dia, pihaknya bertemu dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Bupati Pangkep H Muhammad Yusran Lalogau untuk secara resmi menyampaikan apresiasinya terhadap dukungan dan kolaborasi mereka dalam program KOMPAK oleh Australia.

Tujuan KOMPAK

KOMPAK bertujuan untuk meningkatkan penyampaian layanan publik melalui solusi inovatif yang mempertimbangkan konteks lokal.

Robbins juga mengunjungi proyek Kelas Perahu, yang telah membantu mengurangi angka putus sekolah di komunitas nelayan, dalam hal ini anak-anak biasanya membantu orang tua mereka selama memancing di laut.

Di Sulsel, Australia juga mendukung peningkatan kesehatan manusia dan hewan melalui program Australia Indonesia Health Security Program (AIHSP) di Kabupaten Maros, Bone dan Pinrang, dan kesehatan reproduktif atau keluarga berencana melalui program Australia’s C-Surge yang bekerjasama dengan PKBI di Makassar untuk membantu masyarakat yang tertinggal.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.