Berita Gowa Hari Ini: Dispar Gowa Laporkan Perusak Kawasan Museum Istana Tamalate ke Polisi
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gowa Andi Tenriwati Tahri usai membuat pelaporan ke Polres Gowa terkait perusakan di Kawasan Museum Istana Tamalate Gowa. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gowa, Sulawesi Selatan melaporkan kasus perusakan hiasan di Kawasan Museum Balla Lompoa dan Istana Tamalate kepada kepolisian yang diduga dilakukan orang-orang tidak bertanggung jawab.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gowa Andi Tenriwati Tahri di Gowa, Kamis (10/3), menjelaskanpelaporan di Polres Gowa dilakukan setelah dirinya menemui Bupati Adnan Purichta Ichsan yang menyarankan agar kasus perusakan dilaporkan kepada pihak berwajib.

"Atas petunjuk pimpinan, Bapak Bupati Gowa hari ini kami membuat laporan di kepolisian," ujarnya.

Dia menjelaskan perusakan diduga terjadi pada Kamis (10/3) dini hari karena penjagaan di kawasan museum tersebut belum dilakukan 24 jam.

Andi Tenri mengungkapkan belum diberlakukan penjagaan 24 jam karena di kawasan museum tersebut tengah dilakukan rehabilitasi dan renovasi.

Adapun yang rusak adalah empat unit hiasan di kawasan Istana Tamalate. Empat hiasan berbentuk bola dan terbuat dari campuran semen yang semuanya itu dipesan khusus dari luar daerah.

"Dari 24 hiasan yang ada, empat yang pecah jadi sisa 20 unit. Kita taksir kerugian sekitar Rp5 juta termasuk biaya pemasangan dan pengiriman karena ini dipesan khusus dari luar daerah," katanya.

Koordinasi dengan beberapa toko sekitar Museum Balla Lompoa

Mantan Kabag Humas Pemkab Gowa itu berharap, proses penyelidikan di polres dapat berjalan dengan cepat dan bisa terungkap.

Dirinya juga akan berkoordinasi dengan beberapa toko di sekitar Kawasan Museum Balla Lompoa dan Istana Tamalate untuk mengecek sistem kamera pengawas atau CCTV.

"Langkah selanjutnya kita menunggu hasil pemeriksaan dan investigasi dari polres. Kita berharap ini cepat terungkap," katanya.

Terkait dengan sistem penjagaan, pihaknya sudah mulai menerapkan penjagaan 24 jam dengan cara mengatur waktu jaga setiap tim sekuriti.

Ia juga menyebut kawasan Istana Tamalate Sungguminasa itu baru akan diresmikan setelah sebelumnya dilakukan revitalisasi.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.