Bersaing di Pasar Global, BPSDM Sulsel Beri Motivasi Fasilitator UKM untuk Berinovasi
Suasana pelatihan fasilitator untuk UKM, IKM dan usaha ekonomi kreatif yang digelar BPSDM Sulsel untuk mendorong lahirnya inovasi baru. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Asri Sahrun Said memotivasi fasilitator untuk UKM, IKM, dan usaha ekonomi kreatif untuk selalu berinovasi.

"Inovasi tersebut diharapkan dapat mendorong pelaku UKM, IKM, dan usaha ekonomi kreatif lebih maju dan dapat bersaing dengan pasar global," kata Asri disela pelatihan fasilitator di Makassar, Selasa 08 Maret.

Sahrun yang mewakili Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman berharap, melalui pelatihan pengembangan kompetensi bagi fasilitator UKM, IKM, usaha ekonomi kreatif dan fasilitator pemasaran akan memberikan dampak yang baik.

Menurut dia, pembelajaran klasikal (in class) dimulai sejak 7 - 15 Maret 2022, sedangkan pembelajaran jarak jauh dari 16 - 25 Maret 2022.

"Metode pembelajaran melakukan pendekatan ASN corporate university," katanya.

Ciptakan inovasi dalam dunia usaha

Pada kesempatan itu, Asri mengarahkan agar para peserta pelatihan mampu melaksanakan perannya sebagai fasilitator, khususnya mampu melakukan dan membuat inovasi untuk meningkatkan kinerja di unit masing-masing dalam konteks pelayanan kepada masyarakat.

Termasuk mendorong pelaku usaha agar mampu menciptakan inovasi agar dapat memberikan sumbangsih yang besar terhadap perkembangan dunia usaha di Sulsel.

"Apalagi ini didukung oleh narasumber-narasumber yang kompeten dan berpengalaman dalam bidang pendampingan dunia usaha," ujarnya.

Dalam pelatihan tersebut turut hadir Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel Prof Muhammad Jufri, sekretaris dinas perdagangan, sekretaris dinas perindustrian, sekretaris dinas koperasi, uKM propinsi Sulsel dan para pejabat administrasi, fungsional dari masing masing OPD terkait.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.