Beri Ucapan Selamat Hari Raya Nyepi, Menag: Beri Jeda Sejenak kepada Alam untuk Keseimbangan
Yaqut Cholil Qoumas (Instagram @gusyaqut)

Bagikan:

Makassar--Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memberikan ucapan Selamat Hari Nyepi kepada umat Hindu di Indonesia yang jatuh pada 3 Maret.

"Saya mengucapkan selamat Hari Suci Nyepi dan Tahun Baru Caka 1944 kepada saudaraku seluruh umat Hindu di mana pun berada,” kata Yaqut pada Kamis, 3 Maret 2022.

Umat Hindu menjalankan Catur Brata Penyepian yang menjadi rangkaian perayaan Hari Suci Nyepi dan Tahun Baru Caka 1944. Mereka menjalani Amati Geni (tidak menggunakan dan menghidupkan api), Amati Karya (tidak bekerja), Amati Lelungan (tidak bepergian), dan Amati Lelanguan (tidak mendengarkan hiburan).

Momen aktualisasi nilai luhur

Dengan segala keberagaman di Indonesia, Yaqut memaknai Nyepi sebagai momen untuk mengaktualisasi nilai luhur, salah satunya Tattwam Asi.

“Tattwam Asi memiliki makna 'aku adalah engkau'. Nilai ini menjadi sumber inspirasi bagi umat Hindu untuk hidup saling menghormati, rukun, dan bertoleransi," jelasnya.

Menag berharap umat Hindu dapat menjadikan Hari Suci Nyepi tahun ini sebagai lentera dalam menghadapi masa depan. Selain itu moderasi beragama juga diperkuat dengan merealisasikan Tattwam Asi.

"Mari berikan jeda sejenak kepada alam agar kembali menata keseimbangan. Kita muliakan alam maka alam akan memuliakan harkat dan martabat kemanusiaan," kata Menag.

"Semoga pandemi covid-19 segera berlalu. Mari terus berkolaborasi dalam harmoni, perkuat moderasi beragama, menuju Indonesia maju," tutupnya.