BMKG: Gempa Dangkal Magnitudo 4,5 Terjadi di Tobelo Maluku Utara
Ilustrasi gempa bumi (Foto: Antara)

Bagikan:

Makassar--Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginfokan terjadinya gempa bumi dangkal berkekuatan magnitudo 4,5 di wilayah Tobelo, Maluku Utara.

Dikutip Antara dari laman resmi BMKG, gempa bumi di Tobelo, Maluku Utara itu terjadi pada hari Minggu, sekitar pukul 00.07 WIB.

Pusat gempa berada pada koordinat 1.44 lintang utara (LU)-127.91 bujur timur (BT). Adapun pusat gempa berada di darat 33 km barat daya Tobelo, dengan kedalaman 3 kilometer.

Getaran gempa dirasakan di Tobelo dengan skala III Modified Mercalli Intensity (MMI).

Skala Mercalli

Menurut BMKG, skala Mercalli adalah salah satu satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi, terutama jika di tempat kejadian tidak ada peralatan seismometer.

Dalam skala II, getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan skala III, getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Skala IV, gempa dirasakan banyak orang di dalam rumah, di luar rumah, serta ditandai dengan gejala lain, seperti jendela, pintu, dan dinding yang bergetar.

Pada skala V, getaran dirasakan hampir semua orang, ditandai dengan barang terpelanting, tiang dan barang besar bergoyang.