Dilaporkan Hilang Selama 2 Hari, 6 Awak Kapal Pengangkut BBM ke Asmat Papua Ditemukan Selamat
Kapal Basarnas yang dikerahkan mencari KM Kalimas 4 yang hilang dalam saat menuju Agats, Kabupaten Asmat (ANTARA/HO)

Bagikan:

MAKASSAR - Enam orang anak buah kapal (ABK) KM Kalimas 4 yang dilaporkan hilang dalam perjalanan menuju Agats, Kabupaten Asmat, Papua akhirnya ditemukan. Pada Rabu, 15 Desember,  kapal penangkap ikan tuna menemukan keberadaan awak kapal pengangkut BBM ini dalam keadaan selamat.

"Keenam ABK ditemukan kapal penangkap ikan yang sedang melintas di sekitar perairan Atjs, Kabupaten Asmat," kata Kapolres Asmat AKBP Dani Gumilar dihubungi di Jayapura, Antara, Rabu malam.

Sudah berada di atas kapal

Dari laporan yang diterima dijelaskan,  keenam ABK sudah berada di atas kapal penangkap ikan tuna tersebut.

Sedangkan kapal beserta isinya kemungkinan tenggelam setelah karam. Sementara itu Kepala SAR Timika Mercy Randang yang dihubungi terpisah mengakui,  saat ini kapal Basarnas sedang berupaya mendekati kapal penangkap ikan yang menyelamatkan keenam ABK itu.

"Kapal penangkap ikan dilaporkan berada sekitar 50 mil sebelah tenggara muara Asmat," kata Mercy Randang.

KM Kalimas 4 dilaporkan mengangkut 150 kilo liter solar milik PLN Asmat dan berangkat dari Pomako Timika, Minggu, 12 Desember lalu.  SAR Timika mendapat laporan kehilangan dari pemilik kapal pada Selasa, 14 Desember. Enam ABK KM Kalimas 4 tersebut antara lain Ansar (kapten kapal), dibantu lima ABK yaitu Ruslan, Supliansyah, Nikmat, Haswan dan Mirzan. 

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!