Sebagian Besar Wilayah Sulsel Banjir, Seluruh Relawan PMI Sulawesi Selatan Siaga 24 Jam
Ketua PMI Sulsel Adnan Purichta Ichsan. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - seluruh relawan PMI di 24 kabupaten dan kota telah diinstruksikan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Selatan Adnan Purichta Ichsan agar siaga 24 jam terhadap bencana banjir yang melanda sebagian besar wilayah itu.

"Sekarang ini seluruh markas PMI di daerah masing-masing sejak beberapa hari terakhir memang telah diminta untuk menjadikan markas sebagai posko siaga banjir," kata Adnan Purichta Ichsan di Makassar, Selasa 07 Desember.

Ia menjelaskan, khusus di sejumlah daerah yang terdampak bencana, seperti banjir, para relawan PMI telah berkoordinasi dengan BPBD setempat sebagai bentuk dukungan penanganan bencana. 

Semua relawan, jelas Bupati Gowa ini, telah siaga di markas cabang masing-masing dengan peralatan yang ada. 

"Kita sudah minta supaya di daerah-daerah yang terdampak banjir untuk melakukan koordinasi dengan BPBD setempat untuk bisa secepatnya memberikan dukungan penanganan," ucapnya. 

Bantuan logistik disiagakan

Bantuan logistik, lanjut Adnan, juga disiagakan di gudang regional untuk kemudian didistribusikan sesuai keperluan daerah terdampak dari hasil assesment yang dilakukan. 

"Kita juga tetap berkoordinasi ke markas PMI Pusat dalam penanganan lebih lanjut," jelasnya. 

Ia juga mengimbau seluruh relawan yang terjun ke lokasi-lokasi banjir agar tetap waspada dan terus melakukan koordinasi.

Sementara itu, Sekretaris PMI Sulsel Rahmansyah menjelaskan relawan tambahan juga sementara disiagakan di Markas PMI Sulsel. 

"Sesuai arahan Pak Ketua, relawan yang siaga di Markas PMI Sulsel untuk mengantisipasi pergerakan yang membutuhkan dukungan segera. Termasuk kita sudah siapkan perahu karet dan alat pertolongan lainnya," ungkapnya. 

Sebelumnya, intensitas hujan yang tinggi dalam 3 hari terakhir menyebabkan terjadinya banjir di beberapa daerah, salah satunya di Kota Makassar, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Selatan.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!