5 Manfaat Kesehatan Merendam Kaki dengan Air Garam
Ilustrasi merendam kaki dengan air garam (Unsplash/Rune Enstad)

Bagikan:

MAKASSAR - Dalam sejumlah studi disebutkan bahwa kadar garam dalam tubuh yang terlalu banyak dapat mengikat air dan lemak. Namun bagaimana jika merendam kaki dengan air garam?

Garam mengandung senyawa anti-inflamasi dan dapat mengobati penyakit seperti sakit tenggorokan dan mengurangi gigi sensitif. Setelah pulang kerja dan kaki terasa pegal juga bisa diatasi dengan merendam kaki dengan air garam. Penasaran dengan apa saja manfaatnya, berikut daftarnya.

Mengatasi tumit pecah-pecah

Kulit mati dan tumit pecah-pecah bisa diatasi dengan air garam. Meski terasa perih jika terdapat luka terbuka, tetapi sebelum retakannya semakin parah Anda bisa mengatasinya dengan merendam kaki di penghujung hari. Ini bisa dilakukan dua minggu sekali sebelum tidur supaya efektif menyembuhkan.

Membantu mengurangi kaki bau

Hanya dengan seember air hangat bertabur garam, kaki bau bisa diatasi. Cara ini sangat alami dan murah bukan?

Kaki bau bisa dikarenakan menumpuknya bakteri ketika dalam keadaan lembab. Bisa juga disebabkan kaus kaki atau sepatu yang kerap dipakai tidak dalam kondisi bersih. Karena air garam bersifat anti-bakteri maka atasi kaki lembab dengan merendam air garam hangat selama 10 menit.

Setelah merendam dengan air garam hangat, gosokkan es batu. Cara ini dapat mengurangi produksi keringat berlebih pada kaki.

Merawat kuku kaki

Bagian yang paling diabaikan, kaki, bisa dirawat dengan cara khusus. Bisa dengan spa maupun cara sederhana dengan merendam air garam hangat. Kuku kaki juga kerap kali mengganggu ketika tumbuh ke dalam. Ini bisa diatasi dengan menyiapkan air garam.

Merendam kaki dengan air garam memberi efek melembutkan kuku kaki Anda dan membantu pertumbuhannya, terutama ketika tumbuh ke dalam dan mengurangi pembengkakan. Ini juga mempermudah Anda memotong kuku kaki setelahnya.

Meningkatkan kualitas tidur

Sebuah studi yang dilakukan Departemen Keperawatan, Universitas Kedokteran Chung San, Taiwan menemukan bahwa dengan merendam kaki sebelum tidur bisa mendistribusikan suhu inti ke perifer. Menurut studi tersebut, suhu inti yang lebih rendah ditambah dengan suhu distal pada tangan dan kaki yang lebih tinggi berkaitan dengan latensi tidur yang lebih pendek dan kualitas tidur yang lebih baik.

Artinya, jika Anda ingin tidur dengan nyaman dan berkualitas, cara sederhana ini bisa dilakukan.

Menyembuhkan kaki pegal

Setelah jalan jauh atau beraktivitas seharian, merendam kaki dengan air garam merupakan cara tepat untuk menyembuhkan kaki pegal. Namun menurut Dokter Krit Prugsawan, dikutip dari laman Veithani Hospital, air garam perlu dilarutkan dalam air dingin.

Merendam kaki dengan air dingin larutan garam dapat memberi efek menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi mediator kimia yang menyebabkan inflamasi. Dengan rutin melakukan perendaman kaki selama beberapa menit, pembengkakan dan peradangan otot kaki berkurang.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!