Cara Memulihkan Foto yang Terhapus Permanen di HP? Begini Caranya
Cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP (Makeuseof)

Bagikan:

MAKASSAR - Smartphone mempermudah kita untuk mengirim atau menerima foto dan video. Fungsi lainnya, dapat menyimpan foto-foto yang memiliki kenangan mendalam. Sehingga dapat kita lihat lagi di masa depan.

Namun, karena alasan tertentu, foto-foto itu terhapus dari perangkat. Mungkin, karena Anda tak sengaja menghapusnya. Atau foto terhapus akibat ponsel yang di-reset pabrik.

Untuk membantu Anda melalui masalah ini, tim VOI sudah mengumpulkan beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP. Mau tahu? Langsung saja cek uraian berikut ini.

Memulihkan Foto yang Terhapus dengan Software EaseUS Data Recovery Wizard

Bagi Anda yang menyimpan foto di kartu SD, ada cara paling mudah untuk memulihkan file foto yang terhapus. Anda cukup menggunakan software EaseUS Data Recovery Wizard. Software ini bisa Anda akses lewat laptop Windows atau Mac.

Cara menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard untuk mengembalikan foto cukup mudah. Pertama, Anda perlu mengunduh dan memasang software terlebih dulu. Selanjutnya, sambungkan kartu SD Anda ke laptop. Bisa menggunakan card reader atau slot kartu SD yang ada di laptop.

Kemudian, buka software Data Recovery Wizard. Jika sudah, Anda akan melihat drives penyimpanan yang tersedia di laptop. Termasuk kartu SD. Pilih kartu SD lalu klik tombol Scan. Selanjutnya aplikasi akan mulai memindai kartu SD untuk mengumpulkan file yang bisa dipulihkan.

Untuk versi gratis, Anda dapat memulihkan data dengan kapasitas mencapai 2GB. Sedangkan proses pemindaian data berlangsung kurang lebih 20 menit. Bergantung pada kapasitas kartu SD yang Anda miliki.

Cara Kembalikan Foto yang Terhapus dengan Aplikasi DiskDigger

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah memanfaatkan aplikasi DiskDigger. Ini adalah aplikasi Android yang bisa Anda unduh lewat Play Store. Hanya saja, Anda perlu melakukan root supaya layanan aplikasi berjalan lancar.

Untuk melakukan root pada ponsel Android, ada sejumlah pilihan yang dapat Anda gunakan. Contohnya KingoRoot, SUperSU, Root Checket, Framaroot, dan masih banyak lagi.

Begitu ponsel sudah di-root, selanjutnya Anda perlu memasang aplikasi DiskDigger. Jika sudah, buka aplikasi tersebut. Di dalamnya, Anda akan menemukan dua pilihan pemindaian. Yakni Basic Scan dan Full Scan.

Pilih menu Full Scan. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi selesai memindai seluruh file yang ada di perangkat. Kemudian, klik menu /data, lalu pilih jenis file yang ingin Anda cari. Dalam hal ini tentu saja file foto seperti JPG atau PNG. Tap OK untuk memulai pemindaian.

Setelah itu, Anda hanya perlu mencari seluruh file foto yang terhapus secara manual. JIka sudah ketemu, ketuk file tersebut lalu ketuk tombol Recover.

Mudah bukan cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP? Anda cukup memilih salah satu dari dua aplikasi di atas. Selanjutnya, biarkan aplikasi yang bekerja secara otomatis.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!