Konten Kreator di Sulsel: Promosi Wisata Lewat Digitalisasi dapat Dilakukan dengan Tiga Hal
Destinasi wisata Toraja Utara yang promosinya melalui perangkat digitalisasi disinggung dalam webinar yang mengusung tema "Jarimu Harimaumu" yang digelar Keminfo bersama mitra Siber Kreasi. (ANTARA)

Bagikan:

MAKASSAR - Konten Kreator La Ode Ridwan Arisandi menjelaskan, ada tiga hal pokok yang dapat dilakukan konten kreator dalam mendukung promosi wisata di daerah, sekaligus mendukung program wisata nasional.

Hal itu dikemukakan Ridwan pada Webinar yang mengusung tema "Jarimu Harimaumu" yang diprakarsai Keminfo bersama mitra di Toraja Utara, Sulsel, Kamis malam 09 September.

Tiga konten pokok

Menurut dia, seiring dengan perkembangan teknologi digital, maka ada tiga hal (konten) pokok yang dapat mendukung promosi wisata lewat digitalisasi.

Pertama, konten edukatif yang berisi tutorial, pengetahuan, tips atau trik. Kedua, konten rekreatif melalui desain, musik, video dan gambar.

Sedangkan ketiga, konten marketing atau pemasaran yang terdiri dari promosi dan endorsement.

Ketiga jenis konten inilah yang dapat dimanfaatkan oleh konten kreator dalam membantu mempromosikan destinasi atau budaya suatu daerah, sekaligus mendukung program pemerintah memulihkan perekonomian nasional melalui sektor pariwisata.

Sementara itu, Dosen Universitas Dr Soetomo, Dra Zulaika, MSi mengungkapkan, kecakapan digital harus dibarengi dengan kebijakan dan kearifan dalam penggunaannya.

Hal itu bertujuan untuk mencegah penyebaran konten digital yang negatif dan akan mengarah pada tindakan destruktif di lapangan.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!