5 Tips untuk Ibu Menyusui Agar ASI Berlimpah dan Bayi Lancar Minum Susu
Ilustrasi (MART PRODUCTION/Pexels)

Bagikan:

MAKASSAR - Ibu yang baru melahirkan tentunya hendak memberikan hal yang terbaik untuk si kecil, terutama dalam hal pemberian ASI. Sebab ASI merupakan nutrisi alami yang baik untuk pertumbuhan seorang bayi.

Namun pada kenyataannya, tak semua ibu dapat memproduksi ASI dengan lancar. Ada beberapa ibu yang harus berusaha lebih untuk dapat mengeluarkan ASI. Kalau Anda salah satu di antaranya, tak perlu panik! Sebab ada tips yang dapat Anda lakukan untuk merangsang lancarnya produksi ASI. Mau tau apa saja tips tersebut? Berikut informasinya.

Memompa ASI

Memompa adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menambah produksi ASI. Bagi para ibu baru mungkin masih banyak menerima kesulitan dalam proses menyusui, sehingga kegiatan menyusui menjadi tak efektif. Gunakan lah pompa ASI setelah Anda selesai menyusui, hal itu dapat merangsang dan memberikan stimulasi pada payudara untuk memproduksi ASI.

Makan makanan bergizi

Beberapa makanan terbukti dapat menambah produksi ASI. Salah satunya adalah sayur daun katuk, untuk hasil maksimal usahakan konsumsi secara rutin ya moms. Hindari obat-obatan sebagai pilihan untuk memperbanyak ASI.

Menyusui setiap 2-3 jam

Bayi yang baru lahir membutuhkan asupan susu sekitar 2-3 jam sekali baik siang maupun malam. Ada baiknya Anda mengikuti waktu tersebut, karena ASI pada tubuh wanita baru akan terisi ketika dibutuhkan. Artinya jika ASI pada payudara Anda habis, tubuh baru akan bekerja untuk memproduksi ASI kembali.

Hindari stres

Ini adalah tips paling penting untuk Anda yang ingin produksi ASI tetap lancar. Hindari stres dan lakukan lah kegiatan yang bisa membuat diri Anda senang. Karena jika pikiranmu stres, hal itu akan membuat hormon dalam tubuh tidak seimbang sehingga produksi ASI.

Perbanyak minum air putih

Banyak minum air putih tidak hanya bermanfaat menghindari batu ginjal, tetapi baik juga untuk produksi ASI. Karena tentu saja tubuh memerlukan cairan untuk dapat memproduksi ASI yang baik.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!