Manfaat Konsumsi Ikan Salmon Menurut Studi: Tingkatkan Imunitas Tubuh
Ilustrasi manfat ikan salmon (Pexels/Isabella Mendes)

Bagikan:

MAKASSAR - Salah satu cara mempertebal imun adalah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Di samping menjaga pola hidup sehat, menurut studi, konsumsi ikan salmon juga dapat menjadi solusi yang bermanfaat.

Dilansir Eat This, Not That!, Rabu, 8 September, jika Anda hendak memperkuat sistem kekebalan tubuh atau imunitas, konsumsilah ikan salmon. Bagaimana bisa?

Vitamin D dalam porsi yang tepat terkandung dalam ikan salmon. Dalam 198 gram ikan salmon liar mengandung 815 IU vitamin D. Menurut National Institutes of Health (NIH), rata-rata setiap orang per hari direkomendasikan mengonsumsi antara 600 – 800 IU. Untuk kesehatan yang optimal, beberapa studi lainnya menyarankan mengonsumsi setidaknya 1.000 UI per hari.

Kandungan lain dalam ikan salmon

Kandungan lain yang terdapat dalam ikan salmon adalah vitamin B6 yang baik untuk mendukung reaksi biokimia dalam sistem kekebalan. Untuk mendapatkan rasa yang sempurna, ikan salmon bisa diolah dengan dipanggang, direbus, atau ditumis.

Selanjutnya, ikan salmon juga mengandung asam lemak omega-3. Menurut penjelasan Sydney Greene, MS., RD. dan tim, omega-3 bisa membentuk struktur sel dalam tubuh kita. Kita juga membutuhkan kandungan tersebut untuk produksi hormon, fungsi kekebalan, dan menjaga kesehatan jantung serta paru-paru.

Mineral dalam ikan salmon manfaatnya juga bersinggungan dengan fungsi kekebalan tubuh. Menurut Klinik Cleveland, sebanyak 3 ons salmon Atlantik mengandung kurang lebih 26 miligram magnesium.

Saran terbaik dalam mengonsumsi ikan salmon, bisa disandingkan dengan setengah porsi nasi merah dan lima potong alpukat.

Tertarik menambahkan ikan salmon pada menu Anda? Jangan lupa untuk tetap berjemur pada pagi hari ya, sebab dengan rutin menjalankannya, tubuh Anda juga terbantu memproduksi vitamin D secara alami.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!