Ashitaba: Tanaman Jepang yang Berpotensi Memanjangkan Umur
Ilustrasi (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

Makassar—Siapa yang tidak ingin pengen panjang umur? Tidak hanya soal angka dan usia. Tapi juga berkaitan dengan memiliki tubuh sehat kuat seperti masa muda. Artinya, Anda bisa punya waktu lebih lama untuk menikmati segala kehidupan kumpul keluarga, bahkan bermain bersama cucu dan cicit.

Selain menerapkan gaya hidup sehat, Anda bisa mengikuti rahasia panjang umur orang Jepang. Mereka terbiasa mengonsumsi tanaman yang disebut ashitaba.

Di Indonesia namanya terkenal dengan seledri Jepang. Beda dari seledri lokal maupun impor yang ukuran batangnya besar-besar, ashitaba ini batangnya kecil tapi daunnya lebih lebar.

Tanaman ashitaba biasa dikeringkan dan bisa dikonsumsi dengan dicampur teh, masakan, atau diminum dalam bentuk kapsul.

Khasiat Ashitaba

Ashitaba punya banyak manfaat untuk kesehatan dan memang telah jadi obat alternatif sejak zaman dahulu. Pada  zaman Dinasti Ming (1518 – 1593), tanaman ini sudah sering digunakan para tabib untuk mengobati berbagai penyakit.

Khasiatnya antara lain mengatasi tekanan darah tinggi dan kolesterol, menurunkan kadar gula darah, mengobati diabetes, demam, sembelit, GERD, dan melawan penuaan dini. Bahkan memiliki efek anti-kanker karena ada mengandung antioksidan dan antiinflamasi.

Kandungan vitamin dan mineralnya pun cukup lengkap, mulai dari vitamin A, vitamin E, vitamin K, vitamin C, niasin, folat, sodium, kalium, kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, dan zinc.

Konsumsi ashitaba bisa mengurangi lemak perut dan lebar pinggang, serta membantu menurunkan berat badan. Pastinya tetap dibarengi dengan diet sehat, tidur cukup, rutin olahraga, dan mengelola stres dengan baik.

Ashitaba juga dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan kekebalan tubuh yang bagus, kamu nggak mudah terkena penyakit.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!