Pemprov Imbau Jalan Mamuju - Luwu Utara Dibangun Pemerintah Pusat
Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar menandatangani hasil Musrembang di Mamuju. (Foto: Antara)

Bagikan:

MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat mengimbau agar jalan yang menghubungkan Kabupaten Mamuju menuju Kabupaten Luwu Utara Provinsi Sulawesi Selatan dibangun pemerintah pusat.

"Pemerintah Sulbar telah mengusulkan dalam Musrembang regional sulawesi, agar jalan menghubungkan Kabupaten Mamuju Sulbar menuju Kabupaten Luwu Utara Sulsel dibangun pemerintah pusat," jelas Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar di Mamuju, Rabu 21 April, dilansir dari Antara.

Ia menjelaskan pembangunan sarana yang diusulkan tersebut 108 kilometer, dan sebelumnya Presiden Jokowi juga telah berjanji membangun jalan tersebut.

Dukung jalur transportasi tiga wilayah

Menurut dia, Pemerintah Sulbar juga mengusulkan agar jalan dari Kabupaten Mamasa menuju Kabupaten Toraja Provinsi Sulsel dibangun pemerintah untuk mendukung jalur transportasi antara tiga wilayah yakni Sulbar, Sulsel dan Sultra.

Selain itu, kata Gubernur, Pemerintah Sulbar juga mengusulkan agar pelabuhan Tanjung Silopo Kabupaten Polman dibangun untuk menyambut tol laut Provinsi Sulbar, Sulsel dan Kaltim.

Kemudian berharap agar rute penerbangan antara Mamuju menuju Manado dan Gorontalo dibuka bagi penumpang dan logistik, karena jalur tersebut mulai dipadati penumpang.

Gubernur Sulbar juga berharap agar Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Palipi Kabupaten Majene dikembangkan dan pemerintah pusat juga diminta membantu pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di pelabuhan Belang-Belang Mamuju.

Ia berharap Pemerintah provinsi di Sulawesi, tetap melaksanakan sinkronisasi dan harmonisasi program pembangunan untuk kemajuan pembangunan berkelanjutan di Pulau Sulawesi.

"Perlu kebersamaan dan kesatuan pandangan yang dibarengi kerja keras untuk memaksimalkan kinerja, membangun Sulawesi ini dan berharap pemerintah pusat dapat mengakomodir kepentingan pembangunan di Sulawesi khususnya di Sulbar ini," katanya.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!