7 Bentuk Latihan untuk Menambah Tinggi Badan Secara Efektif, Beberapa Sangat Sederhana
Ilustrasi Joging (Pixabay)

Bagikan:

Sebagian orang menjadikan tinggi badan sebagai tolok ukur keanggunan atau kegagahan. Selain itu, banyak pula orang yang kurang percaya diri karena tinggi badan yang kurang maksimal. Apalagi, ada beberapa pekerjaan atau karier yang menjadikan tinggi badan batas tertentu sebagai standar penilaian.

Banyak usaha yang sering dilakukan untuk mendapatkan tinggi badan yang ideal. Seperti meningkatkan konsumsi asupan nutrisi berupa suplemen kalsium, atau dengan cara-cara alternatif lainnya. Namun, bagi Anda yang  ingin menambah tinggi badan, sebaiknya tak perlu khawatir, sebab ada beberapa latihan khusus yang cukup sederhana untuk membantu Anda meraih tinggi badan ideal. Berikut ini beberapa jenis latihan yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pelvic Shift

Pelvic shift adalah salah satu latihan paling populer dan sukses untuk menambah tinggi badan, terlebih lagi untuk wanita. Dikutip dari stylesatlife.com, latihan peregangan khusus ini juga membuat bokong mengencang dan merilekskan tubuh, dan telah terbukti efektif pula untuk membuat rileks pikiran.

Caranya, baringkan tubuh Anda di lantai dengan posisi tangan berada di samping. Letakkan telapak tangan dan kaki menghadap lantai. Tarik kaki Anda menuju bokong, lalu angkat bagian panggul Anda dengan titik berat berada pada bagian bahu. Tahan posisi ini selama 20 detik, kemudian lanjutkan berbaring ke lantai. Lakukan ini secara berulang.

2. Cobra stretch

Salah satu latihan yoga ini dimaksudkan untuk meregangkan tulang belakang Anda, sehingga membuatnya lentur dan fleksibel. Dilansir dari stylecraze.com, gerakan ini bermanfaat untuk pertumbuhan tulang rawan di antara tulang belakang Anda yang menyebabkan peningkatan tinggi badan.

Berbaringlah di lantai menghadap ke bawah dan telapak tangan berada di samping seperti posisi push-up. Angkat dan lengkungkan punggung, lalu tahan posisi ini selama sekitar 20 detik. Setelah itu, rilekskan badan Anda dan kembali ke posisi normal. Ulangi langkah ini sebanyak 5 hingga 10 kali gerakan.

3. Kayang

Ketika mata pelajaran olahraga untuk materi senam lantai, barangkali Anda pernah mencoba gerakan ini. Kayang memang cukup sulit bagi sebagian orang, khususnya yang mempunyai berat badan lebih. Namun, gerakan ini bisa membantu meregangkan area punggung sampai ujung kaki Anda.

Caranya berbaring dengan posisi kedua telapak tangan membalik ke arah lantai di samping kepala. Tarik kedua kaki Anda menuju panggul, lalu dorong tangan Anda secara perlahan untuk mengangkat tubuh Anda. Pastikan pinggang Anda rileks sehingga mampu memberi dorongan ke atas juga.

4. Hanging dan pull-up

Menggantung tubuh Anda dengan dukungan tangan memang membantu meregangkan otot-otot pada tubuh. Sebenarnya bergelantungan pada tiang sudah bisa membantu menarik otot-otot.

Namun, untuk membuat latihan ini menjadi maksimal, lakukanlah dua atau tiga kali pull-up. Secara umum, orang-orang melakukan gerakan pull-up pada bar besi. Jika tidak punya, lakukanlah latihan ini pada ventilasi pintu rumah Anda.

Dilansir dari blog.decathlon.in, langkah pertama untuk melakukannya adalah melompat dan bertahan di mistar. Selanjutnya, Jaga agar lengan dan tulang belakang Anda tetap dalam posisi lurus. Bertahanlah dalam posisi ini selama 30 detik. Ulangi hal yang sama setidaknya tiga kali sehari.

5. Lompat skipping

Jika berolahraga adalah hal yang cukup membuat Anda malas untuk melakukannya, maka lakukanlah sesuatu yang dapat membuat Anda bersenang-senang sambil mencapai tujuan kebugaran Anda. Melompat adalah salah satunya. Dikutip dari blog.decathlon.in, semakin sering Anda melompat, semakin besar kemungkinan membuat kaki Anda lebih panjang.

Ada banyak gerakan melompat yang populer seperti, skipping, trampolin, dan masih banyak lagi. Skipping sepertinya lebih mudah karena hanya membutuhkan seutas tali dan Anda bisa mulai latihan melompat.

6. Jogging

Berlari adalah hal yang paling mudah bagi Anda untuk tumbuh tinggi. Dilansir dari iluvesports.com, jogging 30 menit hingga 1 jam setiap hari dapat merangsang kelenjar pituitari untuk melepaskan hormon pertumbuhan 3-4 kali lebih tinggi dari biasanya. Waktu yang tepat untuk melakukan latihan ini adalah pagi atau sore hari. Selain berolahraga, Anda dapat menikmati keindahan alam dan udara luar yang segar.

7. Berenang

Salah satu olahraga yang menyenangkan adalah renang. Dilansir dari stylecraze.com, berenang selama beberapa jam setidaknya selama 5 kali dalam seminggu diyakini memberi banyak manfaat, salah satunya untuk menambah tinggi badan Anda.

Berenang sering disebut juga full body exercise karena memungkinkan Anda untuk menggunakan kaki, tubuh, dan lengan sepenuhnya. Dengan demikian, latihan ini bisa membantu meregangkan dan mengembangkan kekuatan otot. Gaya katak adalah gaya berenang terbaik untuk menambah tinggi badan Anda.

Itulah beberapa latihan efektif untuk menambah tinggi badan Anda. Seperti hal lainnya, latihan ini akan membuahkan hasil jika Anda konsisten dalam berlatih. Siap memiliki tinggi badan yang ideal?

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!