Berapa Total Kekayaan Prajogo Pangestu Orang Terkaya Nomor 3 di Indonesia?
Konglomerat Prajogo Pangestu. (Foto- Istimewa)

Bagikan:

SULAWESI SELATAN – Nama Prajogo Pangestu dinobatkan oleh Bloomberg sebagai orang terkaya nomor tiga di Indonesia setelah Robert Hartono dan Bambang Hartono.

Bloomberg Billionaires Index (per Selasa, 9 Februari 2021) mencatat total kekayaan Prajogo mencapai USD7,53 miliar atau setara Rp105,33 triliun (kurs Rp13.988 per dolar AS).

Prajogo Pangestu Pernah Menjadi Sopir Angkot

Bloomberg juga mencatat Prajogo sebagai orang terkaya yang menempati urutan ke-349 dunia.

Prajogo sendiri merupakan pendiri PT Barito Pacific Tbk, sebuah perusahaan petrokimia terbesar di Indonesia yang berbasis di Jakarta dan memiliki pembangkit listrik serta aset penghasil plastik.

Perlu diketahui, perusahaan tersebut pada tahun 2019 melaporkan pendapatan mencapai USD2,4 miliar. Adapun, divisi usaha Barito terdiri dari beberapa sub unit dengan anak usaha utama yaitu Chandra Asri Petrochemical.

Menariknya, konglomerat yang kini menginjak usia 76 tahun tersebut tidak lahir dan langsung kaya. Prajogo pernah menjadi orang susah, bahkan pernah menjalani profesi sebagai sopir angkot.

Kini bisnis Prajogo cukup terkenal dan menggurita di Tanah Air selama puluhan tahun. Lantas apabila uang Rp105,33 triliun tersebut dibelanjakan, kira-kira dapat apa saja? Berikut beberapa analogi sederhananya.

Dapat Menraktir 3 Bulan BBM Gratis Masyarakat Indonesia

Jika harga minyak dunia kini 60 dolar AS per barel dan Prajogo memiliki net worth sebanyak USD7,53 miliar, maka minyak yang bisa dibeli adalah 125 juta barel minyak atau 19,75 juta kilo liter BBM.

Katakanlah konsumsi BBM masyarakat se-Indonesia adalah 75 juta kilo liter pertahun, maka uang Prajogo dapat untuk membelikan BBM selama kurang lebih 3 bulan.

Memborong Emas Antam 150 Kg

Selanjutnya, apabila harga emas Antam tiap gramnya adalah Rp1 juta, dan total uang Prajogo Rp105,33 triliun, maka dapat untuk membawa pulang 105 ribu kilo emas murni atau 105 ton kilo emas.

Membeli Puluhan Ribu Mobil Tesla Seri Termahal

Kini mobil listrik Tesla seri paling mahal adalah P100D yang memiliki bandrol harga Rp4,4 miliar. Jadi total uang Prajogo dapat untuk membeli mobil Tesla lebih dari 23 ribu unit.

Selain kekayaan orang terkaya nomor 3 di Indonesia Prajogo Pangestu, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!