Berita Pelantikan Penjabat: Mendagri Resmi Lantik Hamka Hendra Noer Jadi PJ Gubernur Gorontalo
Mendagri melantik Hamka Hendra Noer sebagai PJ Gubernur Gorontalo. (Antara)

Bagikan:

MAKASSAR - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melakukan pelantikan terhadap Hamka Hendra Noer sebagai Penjabat (PJ) Gubernur Gorontalo. Pelantikan berlangsung di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta, Kamis 12 Mei.

Pelantikan Hamka bersamaan dengan pelantikan pj gubernur di empat provinsi lainnya.

Pelantikan dimulai dengan pembacaan Surat Keputusan Presiden Nomor 49/P/2022 tentang Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur.

Selanjutnya pembacaan Keputusan Presiden Nomor 50/P/2022 tentang Pengangkatan PJ Gubernur.

Lima penjabat yang dilantik

Berdasarkan Surat Keputusan, lima penjabat yang dilantik yakni Hamka Hendra Noer sebagai PJ Gubernur Gorontalo, Al Muktabar PJ Gubernur Banten, Ridwan Djamaluddin PJ Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Ada juga nama Akmal Malik sebagai PJ Gubernur Sulawesi Barat dan Komjen Pol purn. Paulus Waterpauw sebagai PJ Gubernur Papua Barat.

PJ gubernur tersebut diangkat untuk masa jabatan paling lama 1 tahun.

Mendagri meminta PJ Gubernur menjalin komunikasi ke atas dengan Pemerintah Pusat, ke samping dengan forkopimda, serta ke bawah dengan bawahan.

"Jaga stabilitas politik pemerintahan dan keamanan karena tanpa itu semua program akan sangat sulit direalisasikan. Ketika politik stabil, keamanan terjaga maka bisa mengeksekusi program-program," kata Tito.

Pelantikan juga ikut dihadiri oleh mantan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan mantan Wakil Gubernur Idris Rahim.