4 Jenis Tanaman Perdu yang Dapat Anda Jadikan Tanaman Hias di Rumah
Ilustrasi (Tima Miroshnichenko/Pexels)

Bagikan:

MAKASSAR - Mungkin Anda sudah memahami apa yang dimaksud dengan tanaman perdu. Sederhananya, tanaman perdu merupakan jenis pepohonan yang tumbuh dekat dengan permukaan tanah dengan ketinggian tidak lebih dari 5-6 meter seperti pada umumnya. Struktur tanaman perdu juga lebih kecil dari pepohonan dan dapat dijadikan solusi tanaman hias untuk halaman rumah, baik yang mungil ataupun luas. Yuk, jelajahi lagi variasi tanaman perdu yang bisa dijadikan tambahan dekorasi hijau dan asri di rumah!

Mirten

Salah satu tanaman perdu yang cukup populer, mirten sering dijadikan tanaman bonsai yang tumbuh subur dan mekar daunnya. Batangnya tidak terlalu besar namun keras dengan ranting-ranting kecil yang mencuat keluar dan memanjang. Kontras warna daun antara hijau tua dan hijau muda, menjadikan tanaman perdu ini salah satu favorit untuk indoor maupun outdoor. Pertumbuhan daunnya juga cukup cepat, namun termasuk awet dan gampang dirawat dengan cara dipangkas sesuai ketinggian dan selera masing-masing.

Rembosa mini

Pohon Rembosa Mini adalah salah satu jenis tanaman perdu yang banyak diperjualbelikan untuk solusi tanaman hias di rumah. Dengan kuntum bunga kecil berwarna putih yang indah, seringkali rembosa mini hadir melengkapi taman minimalis karena bentuknya yang rapi dan rata. Beberapa jenis tanaman perdu rembosa mini yang umum di pasaran adalah rembosa mini hijau, kuning atau golden dan silver dengan perbedaan pada warna daunnya.

Tanaman soka

Bunga Soka adalah jenis tanaman perdu berbunga yang kerap menghiasi halaman rumah, sekolah, perkantoran dan banyak jenis properti lainnya. Bukan hanya penampilannya yang menarik dengan kluster bunga layaknya kembang api yang terang, tetapi juga daya tahannya yang bandel sebagai pilihan tanaman rias yang awet.

Ketinggian tanaman perdu ini juga ideal untuk dirawat setiap hari, yaitu dengan cara disiram secukupnya dan dipangkas secara berkala supaya rapi.

Ekor tupai

Sesuai namanya, Anda pasti akan mudah mengenali tanaman perdu bernama ekor tupai. Ditandai dengan bentuk daun yang memanjang ke atas dan lebat, struktur daun tanaman perdu ini lembut dan mudah patah. Batang tanaman perdu ekor tupai tergolong keras dan bisa mencapai hingga 1 meter jika dirawat dengan telaten. Yang pasti, bentuknya yang unik cocok dijadikan alternatif hiasan tanaman perdu di taman rumah.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!