Solusi Belajar Saat Pandemi, Gubernur Sulsel Luncurkan Aplikasi "Smart School"
Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman memberikan sambutan pada peringatan Hari Guru Nasional tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Sebagai solusi belajar yang lebih efektif di tengah pandemi COVID-19, Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman meluncurkan aplikasi "Smart School".

Peluncuran aplikasi "Smart School" dengan program Satu Standar, Satu Guru, Satu Sulsel, dalam rangka melakukan pendekatan digital, di mana kualitas pendidikan yang diterima siswa/siswi se-Sulsel seragam.

"Harapan kita seragam semua sehingga bukan lagi persoalan kualitas yang mereka bedakan, tetapi persoalan bagaimana kemauan belajar mereka kita tingkatkan," katanya dalam keterangannya di Makassar, Jumat 26 November.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Imran Jauzi, menjelaskan aplikasi ini diluncurkan agar para siswa bisa belajar dari mana saja.

Kendala siswa, orang tua, dan guru

Hal itu, katanya, mengingat selama pandemi banyak kendala dihadapi siswa, orang tua murid, serta guru, saat belajar daring.

Bagi para orang tua, katanya, kendala yang dihadapi seperti materi yang dianggap sulit, kesulitan mengatur waktu, dan terbebani kuota internet.

Bagi para peserta didik, jelasnya, kesulitan memahami tugas dari guru, bosan, kurang konsentrasi, serta kesulitan komunikasi dengan guru.

Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Sulsel Muh Asqar menjelaskan sejumlah layanan dalam aplikasi "Smart School", antara lain presensi, live streaming, live delay, arsip e-learning, data akademik, data aset, persuratan, perpustakaan digital, chating, e-koperasi, CBT, hingga kepegawaian.

"Kehadiran aplikasi 'Smart School' ini menjadi jawaban atau solusi terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi para orang tua, peserta didik, hingga guru, di masa pandemi seperti sekarang," katanya.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!