Perayaan Imlek di Makassar Berlangsung Kondusif dengan Prokes COVID-19 Ketat
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto (tengah) memberikan keterangan kepada wartawan disela pemantauan hari perayaan Imlek tahun 2022 di Klenteng Xiang Ma, Jalan Sulawesi Selatan. ANTARA

分享:

MAKASSAR - Perayaan Hari Raya Imlek 2573 Kongzili yang jatuh pada 1 Februari tahun 2022 berlangsung kondusif dengan penerapan protokol kesehatan COVID-19 di sejumlah tempat ibadah Vihara di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Kami bersama Forkopimda memantau pelaksanaan ibadah di tiga klenteng dalam keadaan kondusif, " ujar Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di sela kunjungan di Klenteng Xiang Ma, Jalan Sulawesi Selatan, Selasa 01 Februari.

Menurut dia, meski saat ini masih suasana pandemi, apalagi isu varian baru COVID-19 semakin merebak, yakni virus Omicron, pihaknya selalu mengimbau kepada penyelenggara perayaan Imlek untuk selalu mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan.

Dengan semangat Imlek kali ini, tambah pria yang akrab disapa Danny Pomanto itu menuturkan, kondisi saat ini masih dalam pemulihan ekonomi, sehingga semua pihak diharapkan ikut membantu pemerintah dengan menyukseskan program vaksinasi.

"Kami berharap momentum Imlek kali ini sekaligus bisa sama-sama kita berdoa agar kebangkitan ekonomi kita termasuk bagaimana kita siap untuk menghadapi bencana akibat cuaca," paparnya.

Penerapan protokol kesehatan secara ketat

Pengurus Klenteng Xiang Ma Makassar, Robby menjelaskan, pelaksanaan ibadah saat Imlek di tengah pandemi masih seperti tahun lalu, karena pembatasan orang untuk sembahyang di Klenteng tetap dilakukan demi mencegah penularan dan penyebaran virus COVID-19.

Protokol Kesehatan secara ketat diterapkan termasuk kewajiban mengenakan masker, begitu pula dengan umat yang dibatasi rombongan maksimal 10 orang masuk vihara dalam pelaksanaan ibadah termasuk waktunya.

"Kita batasi waktu dan orangnya. Batas waktu sembahyang biasanya saat puncak hari Imlek dibuka pukul 10.00 WITA, kini dibatasi hingga 17.00 WITA demi mencegah penularan virus," katanya.

Pemantauan pelaksanaan ibadah di vihara tahun baru imlek di Klenteng Kwang Kong, Klenteng Xiang Ma dan Klenteng Ibu Agung Bahari dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) seperti Kapolrestabes Makassar, Kapolres Pelabuhan Makassar, Danlantamal AL, Dandim 1408/BS Makassar, Ketua DPRD Makassar, Kejaksaan Negeri Makassar, serta pejabat Pemkot lainnya.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!