Berhasil Salurkan Ratusan Ton Hewan Kurban Tahun Lalu, Tokopedia Bagi Tips Kurban Mudah, Aman dan Amanah Secara Digital
Tokopedia Qurban (Tokopedia)

Bagikan:

JAKARTA - Pandemi semakin mendorong antusiasme masyarakat berkurban secara online. Melalui fitur Qurban, Tokopedia, bersama dengan sejumlah lembaga kemanusiaan, telah menyalurkan ratusan ton hewan kurban ke daerah-daerah terpencil di Indonesia yang kurang terjangkau pada Idul Adha 2020 guna memastikan pemerataan penyaluran daging kurban di seluruh Indonesia.

“Menjelang Idul Adha 2021, kami kembali bekerja sama dengan sejumlah lembaga kemanusiaan untuk mempermudah masyarakat beribadah kurban secara digital melalui fitur Qurban di ekosistem Tokopedia Salam. Ini diharapkan bisa membantu masyarakat beribadah dari rumah dengan mudah, aman dan amanah,” kata Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni.

“Fitur Qurban juga diharapkan bisa membantu lebih banyak masyarakat yang membutuhkan di berbagai pelosok negeri, termasuk yatim dan dhuafa, sekaligus turut membantu para peternak lokal tetap dapat menjalankan bisnis di tengah pandemi,” tambah Astri.

Menyambut Hari Raya Iduladha yang jatuh pada 20 Juli 2021 mendatang, Tokopedia bersama Baznas membagikan sederet tips berkurban online secara mudah, aman dan amanah.

BACA JUGA:


1. Kurban Digital Jadi Alternatif - Menurut Pimpinan Baznas, Achmad Sudrajat, Lc, M.A, “Kurban digital saat ini menjadi cara baru dalam pelaksanaan ibadah kurban di masa pandemi. Selain itu, juga menjadi ikhtiar kita untuk menjaga kesehatan dan menghindari kerumunan saat Iduladha.”

Selain melalui aplikasi Tokopedia, masyarakat juga dapat membeli hewan kurban melalui usaha tradisional, seperti toko, warung atau pun individu yang tergabung di Mitra Tokopedia. 

2. Pastikan Hewan Kurban Sesuai Syariat - “Syarat sah hewan kurban antara lain binatang ternak seperti kambing dengan usia minimal satu tahun atau sapi minimal berusia dua tahun dalam kondisi sehat,” ujar Achmad.

3. Pilih Lembaga Kurban yang Amanah - Penting untuk memastikan lembaga kurban yang dipilih  telah mengantongi izin resmi dari Kementerian Agama RI dan menerapkan standar layanan pemeliharaan kurban yang baik serta mengedepankan rukun-rukun syariat Islam dalam berkurban.

“Dalam hal ini, kami bekerja sama dengan lembaga kurban terpercaya, termasuk Baznas, Dompet Dhuafa, Eco Qurban, Human Initiative serta Rumah Zakat dalam menghadirkan fitur Qurban di Tokopedia,” tambah Astri.

4. Metode Pembayaran Sesuai Preferensi - Setelah memilih hewan dan lembaga penyalur kurban, masyarakat dapat memilih metode pembayaran yang diinginkan dari puluhan opsi. Masyarakat juga bisa mendapatkan potongan harga hingga Rp250 ribu yang berlaku sampai 23 Juli 2021.

5. Lacak Status Informasi Kurban - Lewat Tokopedia Salam, semua kegiatan akan didokumentasikan secara rinci, mulai dari pengecekan kesehatan hewan kurban, proses pemotongan hingga daerah Tokopedia juga akan mengirimkan sertifikat digital pembelian hewan kurban untuk pembeli melalui pusat notifikasi dan email sebagai tanda bukti.