Bagikan:

JAKARTA – Dalam mendukung bulan Ramadan di Tanah Air, TikTok menghadirkan dua program khusus untuk menemani para penggunanya. Dua program tersebut adalah SABAR bersama kreator dan Serial Drama. 

SABAR, kependekan dari Sahabat Bulan Ramadan, merupakan konten dari para kreator yang ditampilkan untuk menginspirasi, menghibur, dan menghadirkan kebahagiaan. Dalam menghadirkan program tersebut, TikTok menggandeng sejumlah kreator ternama. 

Dalam program ini sda Tysna Saputra selaku kreator fashion, Ulfa Alhanif dan Ashilla Sikado selaku kreator kecantikan, Mursid serta Kim dan Dea selaku kreator kuliner, Nadia Alaydrus selaku kreator kesehatan, hingga Tirannisya selaku kreator lifestyle. 

"Kreator-kreator yang jadi sumber inspirasi kami gandeng, kami jadikan mereka sebagai sosok Sahabat," kata Edwin Lengkei, Senior Manager PR and Communications TikTok Indonesia, pada Rabu, 12 Maret. "Teman-teman Sahabat ini akan ditugaskan membuat konten selama satu bulan penuh."

Selain menghadirkan program SABAR, TikTok juga menghadirkan program khusus berupa tayangan bersambung. Edwin menjelaskan bahwa TikTok saat ini mendukung pengunggahan video selama 10 menit sehingga cocok untuk menampilkan Serial Drama dalam bentuk vertikal. 

Harapannya, dengan tidak membatasi durasi kreator, pengguna bisa mendapatkan hiburan terbaik dan tentunya lebih lama. Bahkan, menurut temuan TikTok, pengguna lebih suka menyaksikan tayangan video dengan durasi yang lebih lama meski tampilannya masih vertikal. 

"Komunitas kami di Indonesia senang dengan konten yang lebih panjang dan konten dengan format seperti Serial Ramadan. Maka dari itu, kami ajak kreator, kami ajak publisher untuk menghadirkan konten menghibur dan menginspirasi," jelas Edwin. 

Ada empat Serial Drama yang didukung TikTok, yakni Ada Apa Dengan Sinta buatan Indovidgram, 1 Cinta 2 Keyakinan dari Noice, Tambatan Hati dari SCTV, dan Long Distance Ramadan dari Anatman Films. Keempat tayangan ini bisa dicari secara manual di halaman pencarian. 

Pengguna juga bisa mengakses dua program Ramadan di TikTok melalui hub Ramadan. Hub ini akan ditampilkan saat pengguna mencari kata 'Ramadan' di bilah pencarian. Setelah itu, TikTok akan menampilkan hub dengan video yang telah dikurasi. 

"Kalau lihat di sini (di Hub Ramadan), konten yang ditampilkan memang dipilih sesuai demand pengguna. Ada juga sejumlah konten yang ditampilkan dari kreator yang Bukan Sahabat. Jadi, memang sudah dikurasi oleh TikTok," kata Edwin ketika VOI bertanya mengenai akurasi halamannya.