Panduan Tips dan Trik Memperbaiki Teknik Meminta Jawaban di Alat AI
Ilustrasi penggunaan AI di aplikasi (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Meminta bantuan AI memang tidak semudah mengetik beberapa teks lalu menekan Enter. Untuk mendapatkan informasi yang akurat dan berguna dari chatbot AI, cara merancang prompt dengan baik sangat penting.

Namun, hal ini tidak selalu mudah dilakukan. Seberapa spesifik seharusnya Anda? Informasi apa yang harus disertakan? Dan bagaimana cara meminta data dalam format yang berguna?

Sebuah dunia baru dalam teknik meminta AI sedang berkembang pesat, semua berdedikasi untuk merancang dan menyempurnakan seni merancang prompt AI. Tetapi Anda dapat melewati bagian yang rumit dan meningkatkan keterampilan meminta AI Anda dengan tips dan trik berikut.

Jadilah Se-Spesifik Mungkin

Kesalahan umum dalam prompt ChatGPT adalah tidak spesifik dalam memberikan informasi, dan hal ini juga menjadi masalah saat menggunakan Microsoft Copilot dan alat AI lainnya. Jika Anda ingin AI memberikan hasil yang lebih akurat, Anda perlu memberitahu secara tepat apa yang Anda cari.

Contohnya, jika Anda ingin alat AI Anda menghasilkan rencana latihan gym baru, jika Anda hanya mengatakan sesuatu seperti, "Tolong buat rencana gym untuk lima hari per minggu," Anda akan mendapatkan hasil yang umum.

Sebaliknya, prompt yang lebih baik adalah: "Tolong buat rencana fitness dan diet yang melibatkan lima latihan per minggu. Saya ingin menggabungkan angkat beban dengan latihan interval intensitas tinggi dan sudah rutin berolahraga selama 10 tahun. Saya berusia 28 tahun, tinggi 182 cm, dan berat 90 kilogram. Saya tidak memiliki alergi, tetapi saya sensitif terhadap nasi dan tidak ingin minum alkohol."

Semakin banyak konteks yang Anda berikan kepada alat AI, semakin baik respons yang akan Anda terima.

Minta Informasi Lebih Lanjut Setelah Mendapatkan Jawaban Awal

Saat Anda menggunakan alat seperti ChatGPT secara lebih sering, Anda akan segera belajar bahwa jawaban pertama yang Anda dapatkan tidak selalu cukup. Sama seperti Anda akan bertanya lebih lanjut kepada seseorang untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dari mereka, Anda juga harus melakukannya saat meminta AI.

Kali ini, kami meminta alat AI kami memberikan rencana perjalanan tiga hari di San Francisco untuk perjalanan pasangan. Dengan menggunakan tip pertama yang disebutkan dalam panduan ini dan menjadi lebih spesifik, kami mendapatkan garis besar yang bagus.

Namun, saya ingin mendapatkan informasi lebih lanjut yang tidak termasuk. Jadi, saya meminta rekomendasi hotel dalam anggaran khusus: Sebuah jawaban yang diperluas dengan ChatGPT

Sebagai aturan umum, ajukan sebanyak mungkin pertanyaan yang diperlukan untuk mendapatkan semua informasi yang Anda cari. Anda juga mungkin ingin menentukan apakah prompt AI premium layak dikeluarkan uang.

Jelaskan Apa yang Tidak Berhasil Ketika Anda Membuat Prompt di Masa Lalu

Saat Anda menggunakan prompt AI lebih sering, Anda akan mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang apa yang berhasil dan tidak berhasil untuk Anda. Anda juga akan belajar mana prompt yang berguna dan mana yang membingungkan alat yang Anda gunakan. Setelah Anda menjadi lebih familiar dengan AI, pastikan Anda dengan jelas menyatakan apa yang belum berhasil sebelumnya.

Tips ini sangat penting jika Anda ingin menggunakan alat AI seperti DALL-E 3 untuk menghasilkan gambar. Saya sering melihat bahwa draf pertama kadang-kadang tidak menghasilkan apa yang dicari, dan bisa juga ada masalah seperti cacat untuk item seperti bendera.

Selain menyebutkan apa yang belum berhasil untuk Anda saat meminta di masa lalu, Anda mungkin juga ingin menjelaskan hal-hal yang tidak berhasil dengan apa yang ingin Anda lakukan. Misalnya, jika Anda sedang merancang rejimen latihan baru, Anda mungkin ingin membicarakan makanan apa yang telah Anda perhatikan menimbulkan reaksi negatif sebelumnya.

Jangan Membuat AI Anda Multitugas

Menghindari kesalahan umum saat menggunakan alat prompting AI tidak selalu mudah, tetapi salah satu masalah utama yang akan Anda hadapi adalah mencoba untuk membuat alat melakukan multitugas.

Program AI biasanya akan menghasilkan permintaan Anda dalam beberapa menit, tetapi mereka hanya dapat melakukan satu hal pada satu waktu. Jika Anda mencoba bertanya terlalu banyak hal sekaligus, Anda tidak akan mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

Kadang-kadang, Anda akan memulai prompt dan menyadari bahwa Anda lupa menambahkan informasi lebih lanjut. Ketika ini terjadi, hentikan atau edit prompt saat ini dan sertakan detail tersebut sebelum menghasilkan ulang jawaban Anda.

Setelah Anda menerima hasil satu prompt, Anda dapat melanjutkan ke prompt berikutnya sampai Anda puas dengan semua hal. Melakukan hal-hal ini mungkin tampak memakan waktu, tetapi melakukan satu tugas pada satu waktu sering kali meningkatkan produktivitas, dan hal ini juga berlaku untuk AI Anda.

Beritahu Alat AI Anda Apa yang Tidak Ingin Anda Jawab

Masih ingat pada poin pertama ketika kami memberi tahu Anda untuk menjadi se-spesifik mungkin? Hal ini juga berarti Anda harus memberi tahu alat AI Anda apa yang tidak ingin Anda terima dalam jawaban Anda. Meskipun AI generatif dapat menghasilkan beberapa hasil yang keren, ia tidak dapat menebak semuanya untuk Anda.

Saat merancang prompt Anda, sangat spesifik tentang apa yang tidak ingin Anda terima dalam hasil Anda. Misalnya, jika Anda merencanakan perjalanan, Anda mungkin ingin menyebutkan bahwa Anda tidak ingin bergabung dengan tur atau lebih memilih untuk menghindari tempat-tempat populer.

Terkadang, alat AI Anda akan memberi Anda beberapa pilihan dalam jawaban Anda. Anda kemudian dapat memilih yang mana yang paling cocok untuk Anda.

Unggah Gambar atau File (Jika Tersedia)

Mengunggah gambar atau file sering membuat prompt AI Anda jauh lebih efektif. Misalnya, jika Anda ingin membuat resume satu halaman dengan AI, sangat layak untuk mengunggah PDF yang ada dan mendapatkan umpan balik. Anda dapat menggunakan beberapa plugin untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik, terutama jika Anda menggunakan ChatGPT.

Contohnya adalah Resume oleh jobbright.ai. Jika Anda menggunakan AI untuk membuat seni, juga merupakan ide bagus untuk mengunggah gambar yang dapat digunakan alat AI sebagai contoh.

Sementara itu, jika Anda ingin menggunakan AI Foto atau alat serupa untuk gambar diri Anda sendiri, mengunggah selfie, foto kepala, dan gambar lainnya akan membantu Anda mencapai apa yang Anda inginkan. Beberapa alat AI bahkan dapat menjawab pertanyaan dari PDF Anda jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak kejelasan.

Sebutkan Tempat Anda Ingin Menggunakan Jawaban Prompt Anda

Kadang-kadang, hasil yang dihasilkan oleh prompt AI Anda tidak akan berguna untuk tempat di mana Anda ingin menggunakannya. Misalnya, jika Anda ingin membuat postingan untuk Instagram, Anda mungkin tidak ingin alat Anda memberikan tubuh teks yang besar.

Di sisi lain, Anda mungkin menginginkan sesuatu yang lebih formal jika Anda ingin meningkatkan profil LinkedIn Anda dengan AI. Jika Anda menggunakan informasi dari prompt AI Anda secara online, layak untuk secara khusus menyebutkan di mana Anda akan menggunakannya. Dengan cara ini, Anda tidak perlu mengedit hasil Anda sebanyak itu.

Meminta AI membutuhkan waktu untuk menjadi kompeten, dan Anda perlu menyesuaikan cara mengetik tergantung pada alat yang Anda gunakan dan informasi yang ingin Anda ekstrak. Kabar baiknya,  adalah bahwa Anda biasanya hanya perlu sedikit penyesuaian untuk membuat prompt Anda memberikan hasil yang lebih baik. Setelah membaca panduan ini, seharusnya Anda sekarang berada di tempat yang jauh lebih baik untuk meminta lebih efisien.