Cara Menggunakan Penjelajahan Pribadi di Safari MacBook
Menggunakan Safari di MacBook (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Fitur Penjelajahan Pribadi di Safari hampir mirip dengan fitur Incognito di Chrome. Penjelajahan Pribadi akan mengubah aktivitas pengguna menjadi privasi, sedangkan Incognito menyamarkan aktivitas pengguna.

Tujuan dari kedua fiturnya mirip, yaitu sama-sama ingin melindungi data pengguna dari pengelola situs web atau pelacakan yang tidak diketahui. Jika Anda pengguna MacBook, Anda bisa menggunakan Penjelajahan Pribadi untuk melindungi aktivitas Anda.

Pasalnya, fitur ini akan mencegah Safari untuk mengingat halaman yang dikunjungi, menyimpan riwayat pencarian, dan mengisi informasi secara auto. Jika Anda tertarik untuk menggunakan fitur ini, berikut ini merupakan panduan penggunaannya, dikutip dari Makeuseof.

Mengaktifkan Penjelajahan Pribadi di MacBook

Untuk mengaktifkan mode Penjelajahan Pribadi di macOS, buka Safari terlebih dahulu. Setelah itu, klik File dan pilih Jendela Pribadi Baru. Anda juga bisa membukanya secara cepat menggunakan pintasan keyboard Shift + Cmd + n.

Setelah jendela baru terbuka, Anda sudah bisa menggunakan browser seperti biasa. Seluruh tab yang Anda buka akan langsung memasuki mode Penjelajahan Pribadi sehingga Anda sudah bisa menggunakan Safari dengan aman dan nyaman.

Menonaktifkan Mode Penjelajahan Pribadi

Apple memberikan kebebasan pada penggunanya. Jika mereka sudah tidak ingin menggunakan mode Penjelajah Pribadi, para pengguna Safari bisa kembali ke mode penjelajahan biasa. Namun, pengguna harus menonaktifkannya melalui Pengaturan.

Buka Pengaturan Sistem melalui logo Apple di sudut kanan atas layar, klik Durasi Layar di panel sebelah kiri, lalu klik Konten dan Privasi di bagian bawah Pembatasan. Setelah itu, klik menu Pembatasan Konten.

Ketika jendela Pembatasan Konten sudah terlihat di layar, ubah pengaturan di Akses ke Konten Web menjadi Batasi Situs Web Dewasa. Setea mengubah pengaturannya, kini Anda sudah tidak bisa menggunakan mode Penjelajahan Pribadi.