Ikan Zebra akan Segera Jadi Penghuni Ruang Angkasa Baru, Temani Astronot China di Tiangong
Ikan zebra segera menjadi penghuni ruang angkasa baru (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Ikan zebra segera menjadi penghuni ruang angkasa baru, yang akan dibawa oleh astronot China ke Stasiun Ruang Angkasa Tiangong.

Menurut media online negara tersebut Guancha, asisten panglima tertinggi sistem aplikasi ruang berawak China, Zhang Wei menyatakan, spesies ikan kecil itu akan dikirim ke Tiangong dengan tujuan untuk penelitian interaksi antara iklan dan mikroorganisme dalam ekosistem kecil tertutup.

Terlebih, eksperimen ini juga akan membantu penelitian tentang tulang pada astronot. Ikan zebra merupakan salah satu spesies air tawar bermarga Danio, dikenal sebagai Danio rerio.

Ikan akuarium air tawar ini berasal dari Asia, yang memiliki ukuran kecil dengan panjang sekitar 4 cm dan dibalut garis membujur berwarna biru tua serta keperakan.

Sayangnya, Wei tidak mengungkapkan kapan ikan zebra akan diluncurkan dan bagaimana menyoal peralatan airnya. Namun, China bukan menjadi negara pelopor yang mengirimkan spesies ikan air tawar ke luar angkasa.

Sebelumnya, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika (NASA) pada 2012  pernah mengirimkan iklan medaka asli Jepang ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Ikan medaka ditampung dalam Habitat Perairan NASA atau AQH, yang dirancang untuk mempelajari bagaimana gaya berat mikro berdampak pada kehidupan laut.

Begitu juga Uni Soviet yang mengirimkan ikan zebra ke stasiun ruang angkasa miliknya Salyut 5 pada 1976 dengan misi Soyuz 21. Demikian dikutip dari Space dan Britannica, Senin, 24 Juli.