Google Luncurkan Fitur Mirip Apple yang Bisa Hemat Ruang di Ponsel
Google meluncurkan fitur pengarsipan otomatis baru untuk aplikasi di Android. (foto: dok. google)

Bagikan:

JAKARTA - Google meluncurkan fitur pengarsipan otomatis baru untuk aplikasi di Android, yang akan mengosongkan penyimpanan di perangkat pengguna tanpa kehilangan data atau mencopot aplikasi sepenuhnya.

Fitur ini akan mengarsipkan aplikasi tertentu secara otomatis, dimulai dengan aplikasi yang telah diinstal, menghapus hingga 60 persen ruang penyimpanan yang ditempati di perangkat sambil mempertahankan data pengguna yang penting.

Para pengembang perlu menambahkan fitur ke aplikasi mereka, setelah selesai pengguna akan mulai melihat pengarsipan otomatis muncul sebagai opsi baru.

Pengguna dapat mengetahui aplikasi mana yang telah diarsipkan secara otomatis berkat ikon cloud dengan panah menghadap ke bawah, muncul di atas ikon asli aplikasi.

Google mengatakan Android akan memulai dengan mengarsipkan aplikasi yang paling jarang digunakan. Dengan demikian, ketika pengguna ingin melanjutkan menggunakan aplikasi yang diarsipkan, mereka hanya perlu menunggu sebentar hingga data diunduh lagi, tetapi hanya selama aplikasi tersebut masih tersedia di Google Play Store.

“Setelah pengguna memilih, aplikasi yang jarang digunakan akan dihapus sebagian dari perangkat untuk menghemat ruang, sedangkan ikon aplikasi dan data aplikasi pribadi pengguna akan dipertahankan," ungkap Google dalam sebuah pernyataan.

Namun, tidak semua aplikasi dapat mengizinkan pengarsipan otomatis, karena Google mengatakan fitur tersebut akan terbatas pada aplikasi yang diterbitkan menggunakan format Bundel Aplikasi Android.

Meski begtiu, mengingat format tersebut wajib untuk aplikasi Android sejak Agustus 2021, fitur ini harus menjadi opsi baru yang praktis untuk sebagian besar aplikasi pengguna.

Sejatinya, Android cukup jauh tertinggal dengan Apple, yang di mana mereka lebih dahulu memiliki fitur pengarsipan otomatis untuk aplikasi, dikutip dari TechRadar, Rabu, 12 April.

Fitur Offload Unused Apps telah ada di iPhone selama hampir enam tahun, setelah hadir di iOS 11 dan tetap menjadi salah satu cara terbaik untuk mengosongkan ruang di iPhone.