Harga Bitcoin Naik ke Rp391 Jutaan Tapi Turun Lagi
Bitcoin sempat naik ke harga 26 ribu dolar namun turun lagi. (Foto; Dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Harga Bitcoin kembali mencatatkan kenaikan signifikan pada 14 Maret 2023. Menurut data Coingecko, pada pukul 20:05 WIB nilai Bitcoin sempat mencapai 26.400 dolar AS atau sekitar Rp 391 juta. Angka ini merupakan level tertinggi dalam tujuh bulan terakhir, sejak Agustus 2022.

Namun, tak lama setelahnya, harga Bitcoin kembali menurun dan kini berada di sekitar 24,500 dolar AS atau sekitar Rp 362 juta. Harga tersebut terakhir tercatat pada beberapa titik di bulan Februari dan 13 Maret. Meski begitu, ada beberapa faktor yang diduga mempengaruhi fluktuasi harga tersebut.

Namun, nilai BTC turun dan sekarang bernilai sekitar 24.500 dolar AS setelah kenaikan pada tanggal 14 Maret, nilai terakhir yang terlihat pada beberapa titik pada bulan Februari dan 13 Maret. Tidak jelas apa yang menyebabkan nilai Bitcoin tiba-tiba turun.

Meski demikian, kejatuhan Silicon Valley Bank dan penutupan Signature Bank kemudian mendominasi berita. Meskipun penutupan itu terjadi beberapa hari yang lalu, ketidakpastian yang terus berlanjut kemungkinan masih mempengaruhi sentimen investor dan mempengaruhi harga pasar.

Di sisi lain, rencana pemulihan pemerintah seputar bank-bank tersebut mungkin merupakan salah satu faktor yang mendorong investor untuk kembali membeli ke pasar kriptokurensi. Meskipun kenaikan harga hari ini singkat, kabar positif ini diumumkan tepat sebelum reli.

Bitcoin dan Ethereum masing-masing turun 1,6 persen dan 1,3 persen selama satu jam terakhir. Bitcoin naik 8,9 persen selama seminggu terakhir, sedangkan Ethereum naik 7,6 persen. Keduanya naik 1,5 persen selama satu jam terakhir. Pasar kripto secara keseluruhan naik 0,7 persen selama 24 jam terakhir dan memiliki kapitalisasi pasar sebesar 1,12 triliun dolar AS atau setara Rp17,2 kuadriliun.

Harga Bitcoin dan pasar kriptokurensi terus berubah-ubah, terutama di tengah-tengah perubahan yang terjadi di pasar keuangan global. Walau terjadi kenaikan harga yang singkat, tetap belum jelas apa yang menyebabkan turunnya harga Bitcoin pada hari tersebut.

Kendati begitu, para pengamat pasar sepakat bahwa nilai Bitcoin dan kriptokurensi lainnya akan terus berubah dan sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik yang terkait dengan pasar keuangan maupun faktor lain yang tidak terduga.